Gd. Prijadi Praptosuhardjo IIIA lt.1-2. Jl. Budi Utomo No. 6 Jakarta

Rekap Kegiatan Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Tahun 2022

Penguatan fungsi treasury untuk meningkatkan akuntabilitas keuangan serta kinerja Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah diwujudkan Kementerian Keuangan dengan menyelenggarakan kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan tahun 2022 dengan mengusung Tema “Mengawal Akuntabilitas Keuangan dan Kinerja untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” sebagai tindak lanjut atas hasil rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menilai bahwa pelaporan dan pengungkapan informasi kinerja dalam Laporan Keuangan belum sepenuhnya memberi informasi mengenai efisiensi pelaksanaan anggaran serta pelaksanaan money follows program.

 

Puncak kegiatan Rakernas pada hari Kamis, tanggal 22 September 2022 dihadiri oleh Para Menteri/Ketua Lembaga, Para Gubernur dan Kepala Pemerintahan Kabupaten/Kota. Dalam kesempatan tersebut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan selamat atas capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah diraih oleh Kementerian Negara/Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah (Pemda) baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Menkeu dalam hal ini mewakili Pemerintah menyerahkan penghargaan secara langsung kepada K/L dan Pemda yang telah berhasil meraih opini WTP minimal 5, 10, dan 15 kali berturut-turut atas Laporan Keuangan Tahun 2021. Dirjen Perbendaharaan Hadiyanto dalam laporannya berharap kegiatan Rakernas ini mampu menjadi energi bagi para pengelola keuangan dan kinerja baik pemerintah pusat maupun daerah dalam meningkatkan akuntabilitas kinerja dan akuntabilitas keuangan secara simultan.

Acara dilanjutkan talk show dengan narasumber Dirjen Perbendaharaan, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PAN dan RB Erwan Agus Putranto, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, dan Auditor Utama Keuangan Negara II BPK RI Nelson Ambarita, dengan Moderator Kania Sutisnawinata.

Rangkaian kegiatan Rakernas tahun 2022 ini diselenggarakan sejak bulan Agustus 2022 yang dimulai dengan berbagai perlombaan, yaitu:

  1. Lomba Cerdas Cermat Online dengan berbagai kategori, para juara kategori internal DJPb adalah Kholiq Hasyadi (Kanwil DJPb Prov. Jatim), Jaka Utama (KPPN Rantau Prapat), Mirta Anjelia Yusro (Kanwil DJPb Prov. Kalteng), kategori K/L Nanda Muliaanra (Kementerian PUPR), Dwi Palu[i (Kementerian Perindustrian), Tyas Aprianna (Universitas Tanjung Pura), kategori ASN Pemda Yefta Simorangkir (Inspektorat Prov. Kalbar), Landung Aji Pradana (Inspektorat Kota Semarang), Septiana Ricky (Bapedda Prov. Jawa Barat, dan kategori Mahasiswa Achmad Wirawan (PKN STAN), Harun AL Fauzan (PKN STAN) dan Mohammad Faisal Harisandy (PKN STAN).
  2. Lomba Komik Digital, para juara Kevin Oloan Simanungkalit (Kanwil DJPb Prov Papua Barat), Muhammad Aliya Alfin Madani (Kanwil DJPb Prov. Jawa Barat), dan Estia Dewi Puji Nastiti (Direktorat SITP).
  3. Lomba Strorytelling, para juara Rozannaura Fatsa Tenoyo (KPPN Tolitoli), Muhammad Naufal Fadhlurahman (KPPN Kotambago), Anugerah Citra May Yarningsih (KPPN Kupang), dan Muhamad Alfin Bayhaqi (KPPN Tolitoli)
  4. Lomba Penulisan Artikel, para juara Muhammad adnan Putra Pamungkas dam Yuli Ariyadi (Kanwil DJPb Prov Papua Barat), Agustian Hendra Andrawardhana dan Deardo Parulihan (Kanwil DJPb Prov. NTT), Tri Priyatmo (Kanwil DJPb Prov. Riau), Cahyo Nugroho (Kanwil DJPb Prov Sulut, dan Ivan Julio (Kanwil DJPb Prov. Sulbar).
  5. Lomba Infografis LKPP, para juara Nafis Fathur Rizki dan Qurrota A’yun (Kanwil DJPb Prov Kalbar dan KPPN Bima), Maji Maruf Saputro (Kanwil DJPb Prov. Papua Barat dan Lorienda Alfa Novalelya dan Oktara (Kanwil DJPb Prov. Kaltim)

 Berbagai lomba tersebut sangat diminati berbagai kalangan mulai dari Mahasiswa, ASN Pusat maupun ASN Daerah baik internal Kemenkeu maupun eksternal Kemenkeu yaitu Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

 Selain berbagai perlombaan, juga diadakan kegiatan layanan konsultasi (coaching clinic) yang diselenggarakan secara daring dengan empat tema yang nantinya akan dipilih oleh peserta sesuai dengan kebutuhannya. Coaching clinic ini telah diselenggarakan pada Rakernas tahun sebelumnya dan tema coaching clinic tahun ini adalah Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah (BMN/BMD), Perimbangan Keuangan, dan. Aplikasi SAKTI dan MONSAKTI, Kegiatan coaching clinic diminati para peserta terutama ASN baik Pusat maupun daerah. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta pada aplikasi Zoom dan penonton channel Youtube. Coaching clinic ini dinilai mampu menjawab semua permasalahan satker dalam hal pelaksanaan anggaran dan pelaporan keuangan pemerintah pusat dan daerah.

Akuntabilitas Keuangan dan Kinerja pemerintah tidak hanya harus dikenal oleh kalangan ASN Pemerintah Pusat dan Daerah, namun generasi milenial diharapkan juga mengetahui apa itu akuntabilitas keuangan dan kinerja pemerintah. Untuk mengenalkan hal tersebut, rangkaian kegiatan Rakernas tahun 2022 ini mengadakan kegiatan Webinar Generasi Keren Peduli APBN dengan mengundang Pemateri dari kalangan generasi muda yaitu Mirna Amirya (Dosen Universitas Brawijaya), Zemy Prabowo, (ASN Bea Cukai), Casimo Thawlet (minister Councellor & Senior Treasury Representative of Australian Embassy) dan Mauritz Cristianus Raharjo Meta (Direktorat APK). Acara ini dimoderatori oleh generasi milenial dari Kanwil DJPb Provinsi Bali yaitu Abd. Gafur, SH,HH.M. Acara ini diikuti oleh 1000 peserta melalui Aplikasi Zoom dan disaksikan oleh lebih dari 2.700 penonton Youtube DJPb Kemenkeu.

 Kegiatan Rakernas ini diselenggarakan dengan harapan seluruh Pengelola Keuangan dan Pengelola Kinerja baik di Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah dapat meningkatkan akuntabilitas kinerja dan akuntabilitas keuangan secara komprehensif dan berkesinambungan. Kegiatan Rakernas ini diharapkan dapat dicapai sebuah komitmen yang kuat dari seluruh pemangku kepentingan, sehingga kualitas laporan keuangan seluruh entitas Pemerintah dapat tetap terjaga, terus memperoleh opini WTP, dan berdampak nyata dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera, maju, adil dan makmur, sebagaimana yang menjadi cita-cita bangsa Indonesia.

 

Minerva Yustitia Arining Wiyati

APN Ahli Muda - Direktorat APK

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan
Gedung Prijadi Praptosuhardjo III Lt. 1-2, Jalan Budi Utomo No. 6 Jakarta 10710
Tel: 021-3847068, 3449230 Psw. 5500; Fax: (021) 3864776

IKUTI KAMI

SALURAN PENGADUAN

 

Search