Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 300/KMK.01/2022 tentang Manajemen Kinerja di Lingkungan Kementerian Keuangan, Peta Strategi merupakan suatu dashboard yang memetakan Sasaran Strategis (SS) dalam suatu kerangka hubungan sebab akibat yang menggambarkan keseluruhan perjalanan strategi organisasi dalam mewujudkan visi dan misi. Peta strategi digunakan untuk menjabarkan strategi secara visual, melalui sejumlah sasaran strategis yang terangkai dalam hubungan sebab akibat sehingga memudahkan dalam mengkomunikasikan strategi.
Untuk mencapai tujuan organisasi, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Timur selaku pemilik peta strategi mempunyai peta strategi tahun 2023 yang tergambar sebagai berikut:
Peta strategi Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Timur tahun 2023 terdiri dari 4 perspektif, 10 sasaran strategis, dan 20 indikator kinerja utama yang menjadi tolak ukur keberhasilan pencapaian sasaran strategi. Penjelasan lebih lanjut mengenai peta strategi adalah sebagai berikut:
- Perspektif Stakeholder
Perspektif Stakeholder mencakup sasaran strategis yang ingin diwujudkan organisasi untuk memenuhi harapan sehingga dinilai berhasil dari sudut pandang stakeholder. Stakeholder (pemangku kepentingan) merupakan pihak internal maupun eksternal yang secara langsung atau tidak langsung memiliki kepentingan atas output atau outcome dari suatu organisasi, namun tidak menggunakan layanan organisasi secara langsung.
Perspektif Stakeholder terdiri dari sasaran strategis “Perbendaharaan Negara yang optimal dan akuntabel”.
- Perspektif Customer
Perspektif Customer mencakup sasaran strategis yang ingin diwujudkan organisasi untuk memenuhi harapan customer dan/atau harapan organisasi terhadap customer. Customer (pengguna layanan) merupakan pihak luar yang terkait langsung dengan output atau pelayanan suatu organisasi.
Perspektif Customer terdiri dari sasaran strategis “Dukungan manajemen yang efektif”.
- Perspektif Internal Process
Perspektif Internal Process mencakup sasaran strategis yang ingin diwujudkan melalui rangkaian proses yang dikelola organisasi dalam memberikan layanan serta menciptakan nilai bagi stakeholder dan customer (value chain).
Perspektif Internal Process terdiri dari lima sasaran strategis yaitu:
- Komunikasi, edukasi, dan standardisasi yang berkesinambungan
- Pelaksanaan Anggaran yang optimal
- Pengelolaan kas yang prudent, efektif, dan efisien
- Pertanggungjawaban keuangan negara yang transparan dan akuntabel
- Pembinaan pelaksanaan tugas khusus yang berkualitas
- Perspektif Learning and Growth
Perspektif Learning and Growth mencakup sasaran strategis yang berupa kondisi ideal atas sumber daya internal organisasi yang ingin diwujudkan atau yang seharusnya dimiliki oleh organisasi untuk menjalankan proses bisnis guna menghasilkan output atau outcome organisasi yang sesuai dengan harapan customer dan stakeholder.
Perspektif Learning and Growth terdiri dari tiga sasaran strategis yaitu:
- Penguatan tata kelola dan budaya kerja Kemenkeu Satu dalam ekosistem kolaboratif
- Organisasi dan SDM yang unggul dan adaptif
- Penguatan pengelolaan keuangan dan BMN yang andal