Jl. Sultan Muhammad Syah, Gedung Kanwil DJPb Provinsi Kepulauan Riau, Dompak

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kanwil DJPb Provinsi Kepri dengan Mata Garuda Kepri

Sebuah milestone kembali dicatatkan oleh Kanwil DJPb Provinsi Kepri, dimana pada tanggal 8 Januari 2022 telah dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Kanwil DJPb Kepri dengan Mata Garuda Kepri. Nota Kesepahaman ditanda tangani oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kepri (Bapak Indra Soeparjanto) dan Ketua Mata Garuda Kepri (Said Firdaus).

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini menjadi tonggak dimulainya kerjasama antara kedua belah pihak. Salah satu dasar dari dibuatnya kesepahaman tersebut adalah Nota Dinas Sekretaris Ditjen Perbendaharaan Nomor ND-771/PB.1/2019 tanggal 28 Februari 2019 hal Arahan Menteri Keuangan terkait Aktivitas Mata Garuda di Daerah, yang salah satu isinya terkait memfasilitasi sekretariat untuk MG Daerah. Guna memfasilitasi sekretariat tersebut, telah disepakati penggunaan ruangan di Kanwil DJPb Kepri yang berada di Kota Tanjungpinang serta penggunaan ruangan sekretariat yang berada di KPPN Batam. Hal ini dilakukan mengingat sebaran anggota MG Kepri mayoritas berada di kota Tanjungpinang dan kota Batam.

Selain memfasilitasi ruang sekretariat bagi MG Kepri, Kanwil DJPb Provinsi Kepri membuat inisiasi lain yang tertuang di dalam Nota Kesepahaman tersebut. Inisiasi baru tersebut diantaranya kerjasama dalam keterlibatan akademisi pada Mata Garuda Kepri guna melakukan review atas kajian dan analisis yang disusun oleh Kanwil DJPb Kepri. Salah satunya adalah Kajian Fiskal Regional (KFR) yang disusun secara triwulanan, hal tersebut sejalan dengan fungsi Kantor Wilayah DJPb sebagai Regional Chief Economist (RCE) guna mendukung penajaman KFR. Selain terkait review kajian, kedua belah pihak juga menyepakati akan melaksanakan kegiatan bersama yakni workshop dan sosialisasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas khususnya masyarakat Provinsi Kepulauan Riau.  

Pada acara tersebut Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kepulauan Riau dalam sambutannya mengungkapkan sambutan baiknya atas rencana kegiatan kedepannya yang akan dilakukan, harapannya agar kegiatan yang dilakukan dapat memberikan efek positif bagi masyarakat Provinsi Kepri. Salah satu hal yang juga disoroti adalah jumlah awardee LPDP dari Provinsi Kepri yang diharapkan dengan kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dapat meningkat, hal ini tentunya akan menjadi peningkatan kualitas SDM di Provinsi Kepri yang harapannya efeknya dapat dirasakan bersama nantinya.

Kegiatan penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut juga dirangkai dengan diskusi program kerja yang akan dilakukan, beberapa program kerja yang sudah dirancang dipaparkan dalam diskusi tersebut oleh Kepala Seksi PPA II C (Achmad Fajar Setiawan) yang dalam hal ini selain merupakan pegawai DJPb, juga merupakan awardee LPDP yang tergabung dalam Mata Garuda. Beberapa program kerja yang direncanakan bersama adalah sosialisasi Beasiswa LPDP dengan mengundang pihak LPDP serta awardee LPDP untuk menceritakan pengalaman dan berbagi tips dan trik terkait seleksi LPDP.

Selain sosialisasi di atas, akan digagas pula workshop yang dapat bermanfaat bagi pegawai Kanwil DJPb Kepri, Rekan-rekan MG Kepri serta khalayak umum berupa topik yang dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi seperti diantaranya mengenai Public Speaking, Leadership dan Sharing Success Story untuk menggugah semangat dan antusiasme dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Selanjutnya akan disusun bersama rencana program kerja yang akan dilakukan, semoga dengan kerjasama tersebut dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dan juga bagi Provinsi Kepulauan Riau.

 

Berita Terbaru

video

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search