BERITA

Pantai Pinang Selayar Surga Eksotis Yang Masih Tersembunyi

Waw, Sangat mempesona. Walau sebenarnya saya belum pernah mengunjungi obyek wisata yang terkenal seperti Raja Ampat, Pantai Kuta atau yang lainnya. Tapi itulah kata yang terbersit dihati saya, ketika pertama kali menginjakan kaki di Pantai Pinang.

Hamparan pasir putih yang lembut dan bersih dibibir pantai, air laut yang jernih, daratan yang hijau karena di topang oleh pegunungan dan hutan yang rindang sangat memukau pandangan mata saya. Segera, rombongan berhamburan turun dari perahu, menumpahkan ekspresinya masing-masing. Ada yang bermain di pasir putih yang bersih serta lembut, ada yang berfoto ria mencari titik obyek kamera yang cantik, ada juga yang berhamburan berenang sambil tertawa-tawa.

                                                          

Ya, itulah Pantai Pinang. Pantai yang memanjang kurang lebih sepanjang 2 kilometer ini terletak disebelah Timur Kabupaten Kepulauan Selayar. Perjalanan dimulai dari Kota Benteng, ibu Kota Kabupaten Kepulauan Selayar ditempuh dengan jalur darat ke Pelabuhan Patumbukang selama kurang lebih 1 jam. Disambung lagi dengan menumpangi perahu jolloro sekitar setengah jam. Di sepanjang  Pantai Pinang  telah berdiri 2 resort sebagai tempat singgah wisatawan, baik wisatawan lokal/dalam negeri maupun mancanegara.  

Resort yang kami singgahi bernama Selayar Eco Resort. Resort ini adalah milik seorang ekspatriat asal Perancis , mulai dibangun tahun 2010 dan dibuka tahun 2012, yang melayani wisatawan lokal dan mancanegara. Wisatawan yang singgah dikenakan tarif masuk hanya 15.000 rupiah saja perorang. Didalamnya sudah berdiri 7 cotage, salah satunya berfungsi sebagai restorasi. Semua bernuansa alami, karena tiang bangunan cotage terbuat dari bahan yang didominasi bambu, begitu pula dinding terbuat dari anyaman kulit bambu dan atap dari daun pohon rumbia. Yang istimewanya lagi, resort ini sudah memakai sumber listrik tenaga surya untuk penerangannya, sehingga tidak menimbulkan polusi dan kebisingan di malam hari. Disini juga telah sedia air tawar bersih untuk membersihkan diri setelah puas bermain-main dengan air laut dan pasir putih.

                                                          

 

                                                         

Itu baru gambaran keindahan di atas laut/ darat. Wisatawan akan dimanjakan lagi dengan keindahan panorama dibawah laut. Berdasarkan informasi dari pemandu wisata yang mendampingi kami, Ada lebih dari 7 spot disekitar Pantai Pinang yang dijadikan tempat yang ideal untuk menikmati indahnya panorama bawah laut, baik dengan snorkling maupun  menyelam (diving). Penulis sempat sekali melakukan snorkling, dan memang luar biasa indah pemandangan dibawah laut pantai ini. Didalamnya kita dapat melihat banyak biota laut , terdiri dari kumpulan terumbu karang yang indah,  gerombolan ikan yang cantik  dan juga penyu-penyu yang berenang. Kesemuanya dapat memanjakan dan melenakan para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Bagi para wisatawan yang menginap, dapat menikmati pula indahnya pesona sunrise yang memukau. Banyak wisatawan mancanegara yang mengakui keindahan pantai wisata ini. Bagi para calon wisatawan yang berminat melancong ke tempat ini, dapat melakukan koordinasi dengan pihak Tinabo Diving Center (TDC) yang berada di Pusat Kota Benteng untuk memilih paket wisata yang disukai.

Dan menurut saya, Pantai Pinang dapat dijadikan alternatif  tujuan wisata yang cocok untuk mereka yang mencintai keindahan laut dan biota bawah laut, disamping biaya yang terjangkau.

 

Oleh : Ahmad Sudrajat ( Kasubbag Umum KPPN Benteng)