Sen - Jum 08:00 s.d. 17:00

Artikel

Artikel KPPN Bukittinggi

Rakornas Pelaksanaan Anggaran 2023

Pemerintah berupaya meningkatkan efektivitas transformasi ekonomi yang didukung dengan reformasi fiskal yang holistik melalui mobilisasi pendapatan untuk pelebaran ruang fiskal, konsistensi penguatan spending better untuk efisiensi dan efektivitas belanja, serta mendorong pengembangan pembiayaan yang kreatif dan inovatif. Hal tersebut disampaikan Menkeu Sri Mulyani Indrawati dalam Rapat Koordinasi Nasional Pelaksanaan Anggaran (Rakornas PA) Tahun 2023 dengan tema "Belanja Berkualitas untuk Transformasi Ekonomi Indonesia" di Jakarta, Rabu (17/5).

"Sering ada gap yang harus dijembatani antara birokrasi yang sudah bekerja rutin setiap tahun mengajukan anggaran, melaksanakan anggaran, dengan prioritas dan urgensi yang ditetapkan oleh Bapak Presiden, Bapak Wakil Presiden, dan ketetapan di dalam kabinet. Tantangan terus mengarahkan dan meningkatkan kualitas di dalam belanja, dalam hal ini berarti juga dalam mengawasi birokrasi kita bisa berjalan sesuai dengan prioritas pembangunan nasional," jelas Menkeu.

Dirjen Perbendaharaan Astera Primanto Bhakti menambahkan bahwa DJPb telah melaksanakan beberapa langkah strategis di antaranya simplifikasi dan refinement Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA), modernisasi penyaluran bantuan sosial menggunakan platform digital, penyempurnaan Online Monitoring SPAN yang mengintegrasikan sistem informasi penyaluran Transfer ke Daerah (TKD) untuk mendukung penyaluran TKD melalui KPPN sekaligus memperkuat peran Kanwil DJPb sebagai Regional Chief Economist dan Financial Advisor di daerah, juga modul capaian output pada Aplikasi SAKTI yang menyediakan informasi akurat terkait proyeksi capaian output yang lebih riil sehingga meningkatkan kualitas monitoring dan evaluasi belanja K/L.

Acara utama diisi dengan diskusi panel bersama Menteri PPN/Kepala Bappenas Republik Indonesia Suharso Monoarfa, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, dan Rektor Universitas Indonesia Prof. Ari Kuncoro yang menyampaikan materi terkait kualitas belanja dari perspektif masing-masing. Pada kesempatan yang sama, Menkeu menyerahkan penghargaan kepada para pimpinan K/L yang memiliki kinerja anggaran terbaik.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Kementerien Keuangan RI
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Bukittinggi
Jl. Profesor Hazairin No. 1 Bukittinggi
Tel : 0752 - 21255, 21306  Fax : 0752-21306
email : kppnbkt9@gmail.com

 

IKUTI KAMI

 

Search