Manokwari

 

Buku Kasuary
Buku Kasuary Edisi I Buku Kasuary Edisi II

Salah satu penyebab terhambatnya pengelolaan keuangan pada satuan kerja adalah adanya pergantian pengelola keuangan, yaitu pengelola keuangan yang baru belum memiliki pengalaman dan kompetensi untuk menjalankan fungsinya. Buku Kasuary berisi informasi pengelolaan keuangan negara dari porsedur pencairan dana sampai dengan pertanggung jawaban pelaksanaan anggaran. Buku kasuary dapat langsung menjadi panduan bagi seseorang yang baru ditunjuk menjadi pengelola keuangan maupun pengelola keuangan yang sudah lama bertugas. Hal tersebut tentu dapat memberikan kemudahan bagi pengelola keuangan satuan kerja dalam mencari materi seputar pengelolaan keuangan negara. 

Inovasi Buku Kasuary merupakan salah satu Inovasi dari KPPN Manokwari berbentuk e-book yang dibuat dengan tujuan memberikan petunjuk teknis terhadap satuan kerja (Satker) dalam bidang treasury (perbendaharaan)  yang meliputi banyak hal seperti prosedur pencairan dana APBN dan Pertanggung jawaban Pelaksanaan Anggaran. E-book Kasuary juga disusun dengan mempertimbangkan permasalahan yang dihadapi satuan kerja berulang kali. Dari permasalahan tersebut kemudian di analisis oleh KPPN dan dirangkum dalam bentuk e-book. E-book ini dapat dibuka dengan media digital seperti handphone atau laptop.

Buku Kasuary Edisi I telah diterbitkan pada tahun 2021. Pada tahun 2022 ini buku Kasuary mengalami penyesuaian karena adanya implementasi SAKTI Web Full Module. Penyesuaian tersebut dilakukan pada bagian-bagian yang masih menggunakan aplikasi-aplikasi sebelum SAKTI, misalnya SAS. 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090 Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 


IKUTI KAMI

Search