KPPN Pangkalan Bun 
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111

Berita

Seputar KPPN Pangkalan Bun

Perbendaharaan Menyapa bersama SMA Negeri 1 Pangkalan Bun: Generasi Muda, Peduli APBN

Memasuki abad 21, pekerja berpendidikan dengan tingkat intelektualitas tinggi mulai membanjiri dunia kerja dan mendorong pemilik perusahaan menyesuaikan gaya manajemen organisasinya dari perintah atau komando menjadi sharing atau partisipatif, baik dalam proses pembuatan maupun pelaksanaan keputusan. Fenomena tersebut mendorong lahirnya gerakan organisasi pembelajar atau yang dinamakan Learning Organization.

Sejalan dengan hal tersebut, untuk mewujudkan Kementerian Keuangan sebagai learning organization, yaitu organisasi yang secara terus menerus dan terencana memfasilitasi anggotanya, agar mampu terus menerus berkembang dan mentransformasi diri baik secara kolektif maupun individu, mengajak serta dunia pendidikan di Indonesia untuk memperkaya ilmu melalui kegiatan secara sukarela yang dilaksanakan oleh pegawai Kementerian Keuangan.

 

 

Implementasi Learning Organization ini tidak hanya berlaku ke internal pegawai namun juga ke eksternal, yang melahirkan kegiatan Perbendaharaan Menyapa. Perbendaharaan Menyapa adalah salah satu rangkaian kegiatan Hari Bakti Perbendaharaan ke-18. Pada kesempatan kali ini, KPPN Pangkalan Bun sebagai instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan akan sedikit berbagi ilmu mengenai APBN dan sekolah kedinasan PKN STAN kepada adik-adik dari SMA Negeri 1 Pangkalan Bun.  Kegiatan dilaksanakan secara daring melalui zoom meetings, pada hari Kamis, 10 Maret 2022 pukul 07.00 s.d. 09.00 WIB dan diikuti oleh 130 siswa/siswi dari kelas 10 s.d. 12. Sebelumnya, telah diadakan campaign tentang kegiatan Perbendaharaan Menyapa melalui twibbon post di Instagram oleh para siswa dan guru.

 

Pada kesempatan kali ini, terdapat dua narasumber yang menyampaikan materi. Narasumber pertama adalah Pembina Teknis Perbendaharaan Negara Terampil KPPN Pangkalan Bun, Muhammad Wildan Mahardika, yang menyampaikan materi mengenai APBN. Dalam kesempatan ini dijelaskan mengenai apa itu APBN, bagaimana perumusannya, fungsi dan tujuan APBN, postur APBN, rambu-rambu APBN, serta pemanfaatan APBN di sekitar Kabupaten Kotawaringin Barat. Narasumber kedua adalah Pelaksana Kepegawaian KPPN Pangkalan Bun, Nurul Quran, yang menyampaikan materi mengenai sekolah kedinasan di bawah Kementerian Keuangan, yaitu Politeknik Keuangan Negara STAN. Dalam kesempatan ini dijelaskan, apa arti sekolah kedinasan, sejarah singkat PKN STAN, proses perkuliahan di PKN STAN, jurusan-jurusan dan konsentrasi mata kuliah, hingga tahap-tahap tes yang harus dilalui untuk diterima sebagai mahasiswa PKN STAN.

 

 

Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan Perbendaharaan Menyapa kali ini, terbukti dengan keaktifan dalam menjawab pertanyaan yang diberikan narasumber dan banyaknya pertanyaan yang masuk dari para siswa. Kegiatan dilanjutkan dengan kuis berhadiah untuk para siswa melalui Aplikasi Quizizz.

Kegiatan diakhiri dengan pengumuman tiga pemenang twibbon, tiga penanya terbaik, dan tiga pemenang Quizizz. Dari kegiatan ini diharapkan para siswa semakin kritis terhadap APBN, serta pemanfaatan nyata APBN di sekitar lingkungan tempat tinggalnya. Selain itu dapat mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan menjadikan PKN STAN sebagai salah satu pilihan yang patut untuk dipertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan.

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Pangkalan Bun
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111
Email kppnpangkalanbun@kemenkeu.go.id
Tel: 0532-21047 Fax: 0532-21393

IKUTI KAMI

LAYANAN PENGADUAN

Search