KPPN Pangkalan Bun 
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111

Berita

Seputar KPPN Pangkalan Bun

Perbendaharaan Menyapa  SMA Negeri 3 Pangkalan Bun: Merdeka Belajar

Selaras dengan filosofi Merdeka Belajar yang digaungkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, Merdeka Belajar berarti terdapat kemandirian dan kemerdekaan bagi lingkungan pendidikan menentukan sendiri cara terbaik dalam proses pembelajaran. Murid dan guru diberi kebebasan untuk belajar dari berbagai sumber dan menyesuaikan metode pembelajaran.

Sejalan dengan filosofi tersebut, KPPN Pangkalan Bun mengadakan kegiatan Perbendaharaan Menyapa Tahun 2022 yang saat ini sedang berlangsung. Perbendaharaan Menyapa adalah salah satu rangkaian kegiatan Hari Bakti Perbendaharaan ke-18. Pada kesempatan kali ini, KPPN Pangkalan Bun sebagai instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan akan sedikit berbagi ilmu mengenai APBN dan sekolah kedinasan PKN STAN kepada adik-adik dari SMA Negeri 3 Pangkalan Bun.

Selain itu, Kementerian Keuangan mendorong lahirnya gerakan organisasi pembelajar atau yang dinamakan Learning Organization. untuk mewujudkan Kementerian keuangan sebagai learning organization, yaitu organisasi yang secara terus menerus dan terencana memfasilitasi anggotanya, agar mampu terus menerus berkembang dan mentransformasi diri baik secara kolektif maupun individu, mengajak serta dunia pendidikan di Indonesia untuk memperkaya ilmu melalui kegiatan secara sukarela yang dilaksanakan oleh pegawai Kementerian Keuangan.

Kegiatan Perbendaharaan Menyapa dilaksanakan pada hari Rabu, 18 Mei 2022 secara daring melalui zoom meeting pada pukul 12.45 s.d. 15.20 dengan peserta dari kelas 10 dan 11. Peserta kegiatan berjumlah 95 orang dan 2 orang guru pendamping. Kegiatan berlangsung seru dengan diskusi dan perebutan hadiah melalui quiziz.

Seperti yang kita ketahui APBN merupakan salah satu instrumen penting bagi kesejahteraan masyarakat. Sesuai dengan apa yang tercantum dalam konstitusi negara Indonesia, tujuan pengelolaan perekonomian Indonesia adalah menciptakan masyarakat adil dan makmur yang terwujud dalam upaya memerangi kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan meningkatkan produktivitas dan daya saing negara.

Para pemuda sebagai penerus tongkat estafet pengelolaan keuangan negara dimasa mendatang, harus cerdas dan peduli dengan APBN. Generasi muda harus mau mulai belajar tentang APBN, seperti sumber pendanaan, tata kelola pengelolaan dan pelaksanaan APBN, serta pengawasan terhadap pelaksanaan APBN. Selain itu, perlu mempelajari peraturan-peraturan terkait keuangan negara.

Pada kesempatan kali ini, diperkenalkan pula sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Keuangan, yaitu Politeknik Keuangan Negara STAN. Setelah pendidikan SMA selesai, tentunya para siswa akan melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi. Dari banyaknya perguruan tinggi di Indonesia saat ini, Politeknik Keuangan Negara STAN hadir menjadi salah satu perguruan tinggi di bidang keuangan negara.

Dari kegiatan ini, diharapkan para siswa dapat mengerti apa itu APBN, tujuan dan fungsi APBN, serta pemanfaatan nyata APBN di sekitar kita. Selain itu dapat mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Pangkalan Bun
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111
Email kppnpangkalanbun@kemenkeu.go.id
Tel: 0532-21047 Fax: 0532-21393

IKUTI KAMI

LAYANAN PENGADUAN

Search