Profil

Sejarah KPPN Pematang Siantar

Sejarah

KPPN Pematangsiantar adalah instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan di bawah Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara yang mempunyai tugas dan fungsi melakukan pelayanan di Bidang Perbendaharaan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dengan berpedoman pada visi, misi dan motto serta dijiwai oleh Nilai-Nilai Kementerian Keuangan , kami bertekad untuk meningkatkan citra Kementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Perbendaharaan melalui peningkatan kinerja dalam pelayanan kepada masyarakat di bidang Perbendaharaan demi terwujudnya tujuan reformasi birokrasi dan prinsip-prinsip good govermance.

Untuk itu diperlukan rencana yang baik dan strategis dalam menghadapi situasi dan kondisi yang menuntut KPPN Pematangsiantar dapat mengantisipasi tantangan di masa mendatang dengan meningkatkan kinerja organisasi untuk meningkatkan edukasi dan komunikasi dengan seluruh stakeholder di bidang pengelolaan keuangan negara, dengan mengintensifkan sosialisasi dan bimbingan teknis kepada Satker, terutama menghadapi restrukturisasi regulasi maupun organisasi yang terus berjalan di Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

Sebagai perpanjangan tangan kantor pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan, KPPN Pematangsiantar menempati posisi yang strategis dalam jajaran Direktorat Jenderal Perbendaharaan, disebabkan karena:

  1. Merupakan satu-satunya wakil Direktorat Jenderal Perbendaharaan di daerah yang mengemban fungsi menatausahakan penerimaan negara, menyalurkan belanja negara, dan dalam periode tertentu membuat Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dari wilayah kerja KPPN Pematangsiantar.
  2. Merupakan ujung tombak pelayanan Direktorat Jenderal Perbendaharaan kepada masyarakat di wilayah kerjanya, sehingga mempresentasikan citra Direktorat Jenderal Perbendaharaan secara keseluruhan.

Mengingat peran strategis yang diembannya ini, dalam pelaksanaan tugas dan fungsi, seluruh komponen KPPN Pematangsiantar harus senantiasa berorientasi dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, seiring dengan ekspektasi masyarakat, tanpa mengabaikan ketentuan/prosedur yang berlaku.

Saat ini KPPN Pematangsiantar telah menerapkan pelayanan kepada seluruh stake holder sesuai dengan Standar Prosedur Operasi/Standar Operating Procedures Nomor KEP-287/PB/2015 tanggal 9 Oktober 2015, dan juga telah melaksanakan Sistem Anggaran dan Perbendaharaan Negara (SPAN) sesuai dengan PMK Nomor 154/PMK.05/2014 tanggal 25 Juli 2014 tentang Pelaksanaan Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara sebagaimana telah di ubah dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 278/PMK.05/2014.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pematang Siantar
Telp: 0622-22487 Fax: 0622-22593 Jl. Brigjend Rajamin Purba, SH. No.119, Pematangsiantar

IKUTI KAMI

 

Search