Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

APBN Dukung Kelancaran Perjalanan Mudik

APBN turut berperan penting dalam pelaksanaan mudik lebaran, salah satunya melalui anggaran yang disalurkan untuk pembangunan sarana dan prasarana konektivitas. Contohnya adalah jalan di jalur pantai selatan Pulau Jawa (Pansela) yang dibuat untuk menjadi jalur alternatif dalam perjalanan mudik maupun arus balik. Jalur yang menghubungkan Banten hingga Banyuwangi ini memiliki panjang lebih kurang 1.604 km. Pembangunannya diawali sejak tahun 2019 dengan dibiayai oleh APBN dari pinjaman Islamic Development Bank. Selain untuk meningkatkan mobilisasi, jalur ini juga diharapkan dapat mendorong pengembangan wilayah dan aktivitas ekonomi di sepanjang Pansela, termasuk sektor pariwisata.



iDI jalur Pansela ini pun terdapat Jembatan Kretek II Yogyakarta yang merupakan bagian dari Program Strategis Nasional jalur jalan lintas selatan (JJLS) Pulau Jawa. Jembatan sepanjang 2.015 meter ini mulai dibuka untuk umum menjelang musim mudik tahun 2023.  Pembangunannya memakai  teknologi lead rubber bearing (LRB) yang tahan gempa. Anggaran yang telah digelontorkan untuk pembuatan jembatan ini adalah sebesar Rp364 miliar.

Pembiayaan infrastruktur dalam APBN juga dimanfaatkan untuk pendanaan lahan dalam pembuatan jalan tol yang per 14 April 2023 totalnya mencapai Rp93,7 triliun dan jalur kereta api sebesar Rp3 triliun. Infrastruktur jalan tol dan jalur kereta api ini ke depannya akan ikut meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia lewat pergerakan sumber daya manusia dan barang, [LRN]

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)