Gd Prijadi Praptosuhardo I Lt. 3 Jl. Lap. Banteng Timur 2-4 Jakarta Pusat

PROSIDING THE GIVEST 2022




Pada tahun 2021, Investasi Pemerintah berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2019 tentang Investasi Pemerintah dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 53/PMK.05/2020 tentang Tata Cara Investasi Pemerintah telah Go Live. Hal ini ditandai dengan terlaksananya penyaluran dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) kepada BP Tapera sebagai Operator Investasi Pemerintah (OIP). Pada tahun 2022, pelaksanaan Investasi Pemerintah semakin meluas dengan penetapan beberapa OIP yang berbentuk Badan Layanan Umum (BLU) yaitu Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Pusat Investasi Pemerintah (PIP), Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), dan Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI).    

Untuk pengembangan Investasi Pemerintah secara jangka panjang, perlu dilakukan penyebarluasan pemahaman mengenai Investasi Pemerintah ini kepada para stakeholders dan menjaring masukan dari para praktisi dan ahli.  
Guna mewujudkan hal dimaksud, Direktorat SMI mulai dari tanggal 16 September s.d. 24 November 2022 telah melaksanakan serangkaian acara webinar Investment Series dengan tajuk The Government Investment Insight (The Givest). Adapun topik yang dibahas pada webinar tersebut yaitu: 

  • Series #1 The Investor's Ways; 
  • Series #2 Peran Investasi Pemerintah melalui Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2019 dan Pembiayaan APBN dalam mendukung Pembangunan Nasional; 
  • Series #3 Peran Investasi Sosial dalam Mendukung Penyelesaian Backlog Perumahan, serta Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi Bagi MBR; 
  • Series #4 Investasi Pemerintah: Outlook, Tantangan dan Peluang dalam Ketidakpastian Ekonomi Global 2023; dan 
  • Series #5 Implementasi Green Investment oleh Kementerian Keuangan Untuk Penanggulangan Perubahan Iklim. 

Webinar series dimaksud mengundang narasumber baik dari internal maupun eksternal Kementerian Keuangan. Dari pelaksanaan webinar series dimaksud diperoleh masukan-masukan dalam rangka pengelolaan Investasi Pemerintah, antara lain mengenai perlunya pelaksanaan investasi pemerintah difokuskan pada investasi dalam negeri dengan mempertimbangkan situasi global. Selain itu, dalam pelaksanaan investasi pemerintah juga perlu diarahkan untuk mendukung pembiayaan hijau di Indonesia. 

Sebagai penutup dari rangkaian webinar dimaksud akan dilaksanakan kegiatan Stakeholders Collaboration dengan tema “Solid Stakeholders Collaboration for Sound Integrated Treasury”. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan untuk mengetahui kebutuhan stakeholders dalam rangka akselerasi investasi pemerintah tetapi juga untuk meningkatkan kualitas fungsi Treasury yang diemban oleh DJPb. 

Untuk lebih lengkapnya dapat diakses pada tautan: Unduh di sini

SIAPP

(Sempurna, Integritas, Akuntabel, Profesional, Pruden)

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal Dit. SMI - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 3
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: (021) 3449230 ext. 5520 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

   

 

Search