Berita

Seputar Kanwil DJPb

Diskusi Standar Biaya Masukan 2021

Pangkalpinang (29/09) - Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Fahma Sari Fatma, menghadiri acara yang bertajuk “Diskusi Standar Biaya Masukan TA 2021” di Universitas Bangka Belitung. Bertempat di Ruang Rapat Besar Gedung Rektorat, acara tersebut dibuka oleh Rektor Universitas Bangka Belitung, Dr. Ibrahim dan dihadiri oleh Wakil Rektor II, Wakil Rektor III beserta seluruh pengelola keuangan dari Fakultas dan Unit kerja lingkup Universitas Bangka Belitung.

Pada kesempatan tersebut, Ibu Kakanwil menyampaikan perkenalan kepada Rektor dan seluruh jajaran pimpinan di Universitas Bangka Belitung. Selanjutnya, materi Standar Biaya Masukan (SBM) disampaikan dengan merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 119 tahun 2020. Penerbitan paket Undang-Undang Keuangan Negara menandai era baru pengelolaan keuangan dengan adanya pemisahan fungsi keuangan (Chief Financial Officer/CFO) dan teknis (Chief Operational Officer/COO).

Hal ini memberikan lebih banyak kewenangan pada satuan kerja di Kementerian Negara untuk mengatur kegiatan dan mengelola keuangannya sesuai dengan tata kelola pengelolaan keuangan yang baik. Dengan sumber dana APBN yang terbatas, dan alokasi anggaran pendidikan sebesar 20% dari total APBN, maka efisiensi dan efektivitas dalam mengelola keuangan satuan kerja menjadi kunci bagi pencapaian output kegiatan. Dengan demikian, SBM TA 2021 merupakan acuan dalam mengelola keuangan dengan menyediakan batas tertinggi atau estimasi biaya sebagai pedoman pengelolaan keuangan satuan kerja.

 

Acara diskusi diakhiri dengan sesi tanya jawab dari seluruh peserta tentang pengelolaan keuangan dan pengaturan biaya di SBM. Menutup kegiatan tersebut, Rektor Universitas Bangka Belitung berharap agar Kanwil DJPb dapat meningkatkan pembinaan kepada satuan kerja khususnya Universitas Bangka Belitung selaku satker dalam mengelola keuangannya agar sesuai dengan peraturan dan tata kelola pengelolaan keuangan yang baik.

Comments powered by CComment

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung
Jl. Sungai Selan No. 91, Kota Pangkalpinang
Call Center: 0812-7345-2957
Tel: (0717) 433405 Fax: (0717) 435802

IKUTI KAMI

Search