Berita

Seputar Kanwil DJPb

Diseminasi KFR Tahun 2020 dan Grand Launching "CUAL Babel"

Selasa, 30 Maret 2021 telah diselenggarakan Diseminasi Kajian Fiskal Regional Tahun 2020 oleh Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung. Sebagai perwakilan Kementerian Keuangan di daerah, salah satu tusi Kanwil DJPb adalah menyusun kajian fiskal regional yang membahas mengenai hasil implementasi kebijakan fiskal di daerah yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi maupun potensi-potensi ekonomi di daerah. Kajian fiskal diharapkan dapat menjadi alat analisis dan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana kebijakan fiskal pemerintah telah sesuai dengan tujuan makroekonomi yang telah ditetapkan.

Acara dibuka langsung oleh Bapak Abdul Fatah, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitug. Dalam sambutannya, beliau mengakui tahun 2020 penuh dengan ujian dan tantangan. Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak signifikan ke berbagai sektor, baik kesehatan maupun ekonomi dan sosial masyarakat. saat ini, daya tahan APBN maupun APBD sangat diuji. Turunnya penerimaan akibat perlambatan ekonomi dihadapkan dengan kenaikan kebutuhan belanja pemerintah dalam rangka mendukung PC PEN (Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional). Hal ini tentunya meningkatkan potensi melebarnya defisit anggaran pemerintah.

Sementara itu Kepala Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung Fahma Sari Fatma menjelaskan bahwa krisi akibat pandemi telah menyebabkan perekonomian Babel tahun 2020 tumbuh negatif sebesar 2,3 persen atau turun 5,62 persen dibandingkan 2019. “Pandemi Covid-19 telah mendorong perubahan perilaku dan aktivitas ekonomi masyarakat yang selanjutnya menekan komponen pengeluaran konsumsi rumah tangga sebagai kontributor terbesar (64,16 persen) perekonomian Babel”, papar Fahma. Meskipun demikian, implementasi Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) khususnya klaster perlindungan sosial cukup efektif menahan daya beli masyarakat, sehingga konsumsi rumah tangga hanya terkontraksi 0,45 persen.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa desiminasi ini memiliki peran untuk mempublikasikan pengelolaan fiskal di daerah. Data KFR yang bersumber dari APBN dan APBD menjadi bahan kajian nasional berupa laporan khatulistiwa.

Pada kesempatan tersebut beliau juga melaunching buletin “CUAL Babel” - Cerita Seputar Fiskal Bangka Belitung edisi perdana. CUAL Babel, yang dikenal sebagai Cerita Seputar Fiskal Bangka Belitung, adalah buletin bulanan Kanwil DJPb Prov Bangka Belitung yang menyajikan informasi seputar fiskal regional Bangka Belitung, perkembangan ekonomi regional, kinerja pelaksanaan APBN dan APBD, kinerja Program PC PEN dan tema-tema menarik terkait dengan pengelolaan keuangan negara maupun daerah. Cual merepresentasikan kekayaan khas Bangka Belitung yaitu, kain kebanggaan Bangka Belitung. Harapannya, Semoga CUAL Babel memberi khazanah baru media informasi keuangan negara di Bangka Belitung. 

Comments powered by CComment

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung
Jl. Sungai Selan No. 91, Kota Pangkalpinang
Call Center: 0812-7345-2957
Tel: (0717) 433405 Fax: (0717) 435802

IKUTI KAMI

Search