Jalan Adam Malik KM 8 Bengkulu Kode Pos 38225

Monitoring dan Evaluasi PNBP (Mova PNBP)

MOVA PNBP merupakan media bagi Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu untuk melakukan monitoring dan evaluasi atas pengelolaan PNBP satker setiap bulannya. Aspek yang dimonitoring adalah aspek kesesuaian nilai PNBP, aspek ketepatan waktu, aspek kesesuaian tarif, dan aspek lainnya.

Berdasarkan PMK Nomor 262/PMK.01/2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan, salah satu fungsi yang dilaksanakan oleh Kanwil DJPb adalah pembinaan dan bimbingan teknis (bimtek), serta monitoring dan evaluasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Adapun tujuan dari kegiatan monev pengelolaan PNBP adalah meyakinkan seluruh proses dan mekanisme pelaksanaan PNBP berjalan secara optimal dan sesuai dengan aturan perundangundangan, salah satunya dengan memastikan pemungutan dan penyetoran PNBP ke Kas Negara melalui aplikasi SIMPONI dilakukan dengan tepat waktu dan tepat jumlah sesuai ketentuan. Sehubungan dengan hal tersebut, Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu membuat MOVA PNBP sebagai bentuk pelaksanaan monev online, sehingga pengelolaan PNBP satker dapat dipantau setiap bulannya.

Dengan adanya MOVA PNBP, Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu dapat melakukan monev secara online, sehingga tidak perlu mendatangi langsung satker tujuan secara bulanan. Proses mengolah data menjadi lebih mudah, sehingga tidak perlu melakukan rekap data manual karena datanya sudah terkumpul pada satu file (spreadsheet). Satker yang sudah menyampaikan data maupun yang belum pun dapat dipantau dengan efisien menggunakan MOVA PNBP.

Satker mengisi informasi pengelolaan PNBP berdasarkan aspek kesesuaian nilai PNBP, aspek ketepatan waktu, aspek kesesuaian tarif, dan aspek lainnya melalui link bit.ly/LaporanPNBP08 atau melalui landing page eksternal Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu.

MOVA PNBP memberikan alternatif strategis bagi Kanwil DJPb untuk melakukan monitoring dan evaluasi pengelolaan PNBP tidak hanya secara onsite, melainkan juga secara daring. Dengan begitu, pengelolaan PNBP dapat dipantau secara berkala dan Kanwil DJPb dapat segera memberikan rekomendasi atas suatu permasalahan.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

 

SALURAN PENGADUAN

    

 

Search