JALAN SOLO KM 8.6 NAYAN, MAGUWOHARJO, DEPOK,SLEMAN, YOGYAKARTA

KODE  POS :  55282

Laporan Government Finance Statistics (GFS) Strategis Tingkat Wilayah Periode Semester I Tahun 2022

Yogyakarta, 10 Oktober 2022

 

Dalam rangka penguatan peran Kanwil DJPb sebagai Regional Chief Economist (RCE) dan implementasi dari representasi Kementerian Keuangan di daerah, dilakukan optimalisasi output dari tugas dan fungsi Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Kanwil DJPb antara lain dengan penyusunan Analisis Laporan Keuangan, penyusunan Analisis Statistik Keuangan Pemerintah dan optimalisasi fungsi Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan.

 

       Beberapa informasi yang termuat dalam Laporan GFS Strategis Tingkat Wilayah Periode Semester I Tahun 2022 diantaranya terkait :

  1. Gambaran umum kondisi keuangan LKPP-TW. LKPDK-TW, LKPK-TW dan LSKP-TW;
  2. Perkembangan kondisi keuangan berdasarkan analisis laporan keuangan;
  3. Permasalahan pengelolaan keuangan pemerintah pusat dan daerah yang berdampak pada kinerja keuangan dan statistik;
  4. Resume Pelaksanaan Kegiatan
  5. Kesimpulan dan Rekomendasi.

Dan sebagai Analisis Tematik Laporan GFS Strategis Tingkat Wilayah Periode Semester I Tahun 2022 adalah “Currency and Deposit/Idle Cash”. Tujuan analisis tematik yang mengambil tema “Currency and Deposit/Idle Cash” ini untuk mengetahui bahwa uang daerah yang belum digunakan, dapat dioptimalkan dan dialokasikan untuk investasi jangka pendek di antaranya dapat berupa Deposito, Surat Utang Negara (SUN) dan Sertifikat Bank Indonesia.

 

Berdasarkan Permendagri No 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah, maka Pemerintah Daerah melakukan penempatan kas daerah dalam bentuk Deposito pada Bank yang ditunjuk sebagai penempatan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) yaitu Bank Persepsi atau Bank Pembangunan Daerah  (BPD). Dalam rangka menjamin likuiditas keuangan daerah, Deposito Pemerintah Daerah harus dapat ditarik sebagian atau seluruhnya ke RKUD oleh Bendahara Umum Daerah (BUD) setiap saat diperlukan.

 

Selebihnya informasi terkait Laporan GFS Strategis Tingkat Wilayah Periode Semester I Tahun 2022 lainnya dapat dilihat dan diunduh Klik Disini!

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 IKUTI KAMI

 PENGADUAN

 

Search