Jl. Mayjen D.I. Panjaitan No. 24 Banjarmasin

KEGIATAN MORNING CALL "BAIMBAI" MEI 2022

BAIMBAI

(Berpendapat untuk Saling Mengabari dan Satukan Ide)

Senin, 9 Mei 2022 (08.30 WITA)

Narasumber    : Faralisa Almadia (Pelaksana Pembinaan Sistem Akuntansi Pemerintah Pusat)

MC                  : Raden Irwandha (Kasi Pembinaan Sistem Akuntansi Pemerintah Pusat)

TEMA “Mengantisipasi Masalah yang terjadi setelah Libur Panjang”

BAIMBAI pada Senin pertama dibulan Mei dilakukan secara offline. Dengan persentase pegawai sebanyak 85% yang melaksanakan Work From Office, merupakan cara Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan membiasakan diri untuk melepaskan jarak yang selama ini terhalang oleh adanya Pandemi Covid-19.

Irwandha selaku Pembawa Acara BAIMBAI kali ini, membuka acara penuh khitmat dengan pembacaan doa serta penuh semangat dengan menyuarakan Salam Perbendaharaan secara bersama-sama “Kami Insan Perbendaharaan Unggul Tingkat Dunia”.

Menurut Faralisa, narasumber hari ini. Kita semua pasti pernah merasakan malas atau mood yang buruk ketika kembali bekerja setelah liburan panjang. Bahkan orang yang menganggap dirinya workaholic sekalipun dapat merasakan hal tersebut. Kadang yang dirasakan adalah seperti; sering kurang fokus atau susah berkonsentrasi pada pekerjaan, perasaan kurang nyaman, cemas dan kelelahan sampai kurang termotivasi untuk menyelesaikan tugas. Hal ini masih dikatakan normal dialami oleh sebagian besar orang.

Beberapa hal diatas dinamakan Post-Holiday Blues, yaitu tekanan mental jangka pendek, kecemasan dan kesedihan setelah liburan, namun hal tersebut terjadi hanya sementara waktu dan dalam jangka pendek. Beberapa Peneliti menyimpulkan bahwa “Kebahagiaan saat liburan biasanya tidak bertahan lama. Saat liburan selesai, orang-orang kembali ke tingkat kebahagiaan dasar dalam beberapa hari”. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa liburan dianggap tidak penting. Namun menurut studi, liburan sangat efektif untuk meningakatkan wellbeing, motivasi dan work performance.

Dari beberapa perbedaan pendapat dan masalah tersebut, lalu bagaimana cara kita untuk mengatasi transisi yang mungkin dirasakan ketika liburan telah selesai dan memasuki hari kerja dengan lebih mudah dan perasaan nyaman. Salah satu caranya dengan meluangkan waktu sehari atau lebih untuk relax sebelum kembali bekerja. Selain itu, penting juga untuk terlabih dahulu mereview dan revisi apa yang akan dilakukan dalam sehari ataupun mingguan dengan menyesuikan kondisi terkini. Usahakan untuk melakukan aktivitas biasanya tepat waktu, mulai dari tidur, makan, berolahraga dan lainnya. Hal ini sangatlah penting untuk mempersiapkan mental sebelum kembali kerutinitas bekerja.

Selanjutnya adalah tambahan dari Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan, Sulaimansyah. Tahun ini kita diberikan waktu yang cukup lama selama libur lebaran untuk dapat merefresh pemikiran kita. Sebenarnya bukan dari lama atau tidak lamanya, namun dari kualitas waktu yang kita gunakan untuk berkumpul dengan keluarga dan berbagi cerita.  Dan tidak lupa saya menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin dan setelah itu mari kita halal bihalal. Lalu, merujuk pada topik hari ini, marilah kita memanfaatkan satu atau dua hari untuk merefresh dan memulihkan stamina kita untuk kembali melaksanakan tugas dan fungsi kita dan selalu memberikan yang terbaik. Sebagai penutup, tetap jaga protokol kesehatan. Selamat kembali menjalani aktivitas.

Sebelum menutup acara BAIMBAI hari ini, dari Bidang SKKI khususnya seksi Kepatuhan Internal diwakilkan oleh Siwi Triharjanti membacakan Kode Etik dan Kode Perilaku Kementerian Keuangan yaitu poin “Sinergi”.

BAIMBAI ditutup dengan pembacaan Tagline Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan “Bergerak Bersama untuk menjadi yang Terbaik”.

  

BAIMBAI

(Berpendapat untuk Saling Mengabari dan Satukan Ide)

Senin, 23 Mei 2022 (08.30 WITA)

Narasumber    : Akramsyah (Pelaksana TURT)

MC                  : Agus Sugiharta (Kasubag TURT)

TEMA “Optimalkan Aset Negara untuk Rakyat”

BAIMBAI hari ini sangatlah berbeda karena Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan memperkenalkan keluarga barunya yaitu pegawai yang mutasi dalam lingkup Perbendaharaan. BAIMBAI dibuka oleh Agus Sugiharta yang selanjutnya melakukan doa bersama. Narasumber pada pagi ini ialah Akramsyah selaku Pelaksana TURT.

Beberapa waktu yang lalu, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani mengatakan perbedaan Negara Maju dengan Indonesia yang merupakan Negara Berkembang adalah “Negara Maju asetnya kerja keras sementara mereka bekerja biasa-biasa, sedangkan di Indonesia orangnya bekerja sangat keras sementara asetnya tidur”. Artinya masih banyak aset Negara yang belum dioptimalkan untuk pelayanan public dan peningkatan kesejahteraan rakyat, karena mempunyai peran penting untuk kemajuan suatu bangsa. Aset Negara disini ialah tangible maupun intangible yang dimiliki baik Pemerintah Pusat, Daerah dan BUMN ataupun BUMD.

Penggunaan dan pemanfaatan aset pemerintah yang maksimal oleh seluruh satuan kerja Pemerintah Pusat atau Daerah maka aset pemerintah akan memberikan kontribusi maksimal untuk pelayanan publik, dunia usaha/perekonomian dan penerimaan Negara, hingga terjadinya efisiensi anggaran untuk pengadaan dan pemeliharaan aset dengan baik.

Pada kesempatan kali ini juga, Bidang SKKI khususnya Seksi Kepatuhan Internal yang diwakili Siwi Triharjanti membacakan Kode Etik dan Kode Perilaku Kementerian Keuangan untuk poin “Pelayanan”.

Selanjutnya adalah tambahan Kepala Kanwil DJPb Prov Kalsel, Sulaimansyah. Kita masih dalam pandemi covid-19 dan berada dalam masa transisi, untuk itu kita harus tetap waspada dan mawas diri dengan menjaga protokol kesehatan karena kita harus preventif atau mencegah segala macam kemungkinan. Pada hari ini juga, merupakan hari yang special, kita sudah kedatangan 2 pegawai baru yang menggantikan pegawai terbaik kita yang mutasi ketempat lain. Semoga dapat segera beradaptasi agar supaya dapat menjalankan peran dan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Selanjutnya saya ingin menyampaikan beberapa hal, yaitu:

  1. Bagaimana kita dapat bekerja secara efektif dan efisien.

Kita tidak ingin bekerja berulang-ulang untuk sesuatu hal yang sama, maka peran dan tugas dari masing-masing pegawai sesuai jenjang harus diperhatikan. Oleh karena itu, beberapa hari kemarin saya meminta presentasi IKU dari Kasi sampai dengan Pelaksana agar supaya kita memiliki Visi dan Misi yang sama dalam mencapai target kinerja yang menjadi sasaran bersama. Karena dalam lingkup Kanwil ada Peta Strategi yang menjadi arahan kita dalam bekerja.

  1. Transformasi menuju New DJPb in Town

Saat ini kita masih dalam proses masa transisi menuju New DJPb in Town dalam mencari bentuk yang paling Ideal. Sehingga yang namanya Pedoman, Juknis dan SOP masih sangat dinamis dan bergerak terus. Jadi saya berharap, bekerjalah sesuai dengan Pedoman Juknis pada saat itu. Kantor Pusat selalu berusaha untuk memberikan pedoman. Namun ada beberapa yang tidak bisa diberikan pedoman, disinilah area-area kreatifitas kita diperlukan untuk memberikan inovasi-inovasi.

Di minggu ini, kita ada beberapa agenda yang sangat penting yaitu salah satunya seperti Stakeholders Day, yaitu untuk mengumpulkan talent terbaik di satker untuk mendukung kita dalam pencapaian WBK. Dan juga dari Bidang PPA II terkait investasi melalui Pinjaman Daerah. Tetap semangat dalam menjalankan tugas kita. “Bergerak Bersama untuk menjadi yang Terbaik”.

BAIMBAI ditutup dengan perkenalan oleh 2 pegawai mutasi yang sekarang menjadi keluarga Besar Kanwil DJPb Prov Kalimantan Selatan yaitu:

  • Nanang Trimanta,H., MBA, sebelumnya menjabat di Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat sebagai Kepala Seksi Supervisi dan Proses Bisnis.

Sekarang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I B pada Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Selatan.

  • Bekti Hendri AtmokoE., M.H., sebelumnya menjabat di Direktorat Sistem Manajemen Investasi sebagai Kepala Seksi Perjanjian dan Kepatuhan II Subdirektorat Hukum.

Sekarang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II B pada Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Selatan.

   

BAIMBAI

(Berpendapat untuk Saling Mengabari dan Satukan Ide)

Senin, 30 Mei 2022 (08.30 WITA)

Narasumber    : Rusdy Wahyudi (Pelaksana PK)

MC                  : Khairul Rahman (Kasubag PK)

TEMA “Meluangkan waktu untuk Diri Sendiri”

BAIMBAI dibuka oleh Khairul Rahman selaku Pembawa Acara. Rusdy Wahyudi, narasumber hari ini memimpin Salam Perbendaharaan.

Meluangkan waktu untuk diri sendiri, bukan berarti kesepian. Ada kalanya seseorang butuh waktu sendiri untuk memperbaiki dirinya. Bahkan, membagi waktu untuk diri sendiri dapat meningkatkan produktivitas maupun mood yang bagus. Seseorang yang memilih waktunya untuk sendiri, bisa jadi sedang belajar sesuatu yang hal baru seperti meluangkan waktu untuk aktivitas Hobi atau bahkan hanya untuk meditasi dirumah yang dapat meningkatkan rasa bahagia sekaligus mengembangkan potensi diri.

Salah satu kunci agar bahagia meski sendirian adalah dengan cara tidak membandingkan diri dengan orang lain. Tidak semua harus ada dijalan yang sama, beberapa orang yang sukses pun punya jalan yang berbeda. Walaupun saat ini kamu sedang sendirian, kamu mesti menerima hal yang harus kamu syukuri. Dengan cara bersyukur, maka kebahagiaan dan harapan akan terus meningkat dengan menerima diri sendiri.

Selanjutnya tambahan dari Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Selatan, Sulaimansyah. Kita sudah berada di penghujung bulan Mei untuk itu harus selalu memotivasi diri kita sendiri untuk bekerja dengan yang terbaik. Situasi kita saat ini pandemi sudah semakin menurun, namun sekarang kita ada problem baru yaitu Situasi Geo Politik Global akibat Perang Ukraina dan Rusia yang sangat berdampak pada kita dari sisi Nasional ataupun Regional. Dampaknya dari sisi Penerimaan sangat luarbiasa dengan kenaikan harga komoditas yang menyebabkan ekspor tinggi, sehingga penerimaan Pajak dan Bea Cukai juga tinggi. Sedangkan dari sisi Belanja sangat menyedihkan, karena kita harus menjaga daya beli masyarakat. Seperti kenaikan minyak goreng yang merupakan dampak dari Geo Politik ini. Cara antisipasi yaitu dengan menaikan subsidi, agar supaya menjaga daya beli masyarakat.

Berikutnya, minggu kemarin kita telah mendapatkan ilmu terkait communication skill khususnya dari sisi lisan. Sekarang melatih kita dari sisi tulisannya, seperti yang biasa kita gunakan pada Nota Dinas atau Naskah Dinas lainnya. Penggunaan kata ‘sehubungan dengan, berkaitan dengan, ataupun menindaklanjuti dengan’ masih belum ada yang pas dalam penyampaian kata-kata tersebut. Untuk itu, perlu dilatih dalam pembuatan narasi, literasi ataupun nota dinas yang merupakan hal yang setiap hari kita kerjakan.

Pada kesempatan hari ini, ada sesi perkenalan seperti minggu kemarin kepada 3 pegawai baru yang mutasi ke Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan sebagai penutup dari kegiatan BAIMBAI ini:

  • Mochamad Sofani, S. Sos, M.M, sebelumnya menjabat di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Bengkulu sebagai Kepala Subbagian Umum.

Sekarang menjabat sebagai Kepala Seksi Supervisi Proses Bisnis pada Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Selatan.

  • Heru Sofjanto, S.E., M.M, sebelumnya menjabat di Kepala Kantor Pelayanan Negara Tanggerang sebagai Kepala Seksi Bank 

Sekarang menjabat sebagai Kepala Seksi Supervisi Teknis Aplikasi pada Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Selatan.

  • Eko Kuswanto, S.E., S.S.T. Ak., M.S.Ak, sebelumnya menjabat di Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi DKI Jakarta sebagai Kepala Seksi Pembinaan Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah.

Sekarang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah pada Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Selatan.

 

  

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

Search