Gedung Keuangan Negara Palembang Lt.2. Jl. Kapten A. Rival No. 2, Palembang

Berita

Seputar Kanwil DJPb

PENGENALAN PRO UMKM PEREMPUAN

Pro UMKM Perempuan merupakan inovasi yang berbentuk program, yang didesain secara khusus untuk melakukan pemberdayaan UMKM, khususnya UMKM Perempuan. Program ini tidak hanya berkaitan dengan peningkatan literasi keuangan pada UMKM, namun juga memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM perempuan sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga dan perekonomian Sumsel secara umum.

Pengarusutamaan Gender (PUG) menjadi tanggung jawab semua organisasi pemerintahan, baik pusat maupun daerah. Kanwil DJPb Provinsi Sumsel, sebagai salah satu Unit Eselon II di Kementerian Keuangan, memiliki kewajiban untuk mengintegrasikan PUG ke dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya.
Salah satu tugas Kanwil DJPB Prov. Sumsel adalah melakukan pembinaan dan monitoring pelaksanaan kredit program di daerah.
Dari data di sebelah kiri, dalam kurun waktu 5 tahun (2016-2020), terlihat bahwa mayoritas jumlah debitur masih didominasi oleh debitur laki-laki. Berdasarkan data debitur KUR/UMi tersebut dan didasari upaya dalam pengintegrasian PUG, diperlukan suatu program yang dapat mendorong peningkatan akses bagi pelaku UMKM perempuan terhadap KUR/UMi di Wilayah Sumsel.
Namun tidak hanya terkait akses keuangan, program ini juga memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM perempuan sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga dan perekonomian Sumsel secara keseluruhan. 

Saluran Pengaduan

Lapor
SIPANDU
WISE
Telepon

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Keuangan Negara Palembang Lt.2 Jalan Kapten A. Rivai No. 2-4 Palembang
Tel: 0711-356534

IKUTI KAMI

Search