Lancang Kuning: EPA KPPN Triwulan I 2023

Dumai, 7 Maret 2023

KPPN Dumai memiliki agenda Stakeholder Days berupa Program Lancang Kuning (LayanAN CepAt taNGgap lewat KUNjungan rutIn peGawai). Lancang Kuning kali ini berupa Evaluasi Pelaksanaan Anggaran (EPA) Triwulan I TA 2023 yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 7 Maret 2023. Satker mitra kerja yang di kunjungi adalah Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KP) Dumai dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Dumai. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala KPPN Dumai, Bapak Sukirno, didampingi oleh Kasi MSKI, Bapak Edy Nasrudin, dan Staf MSKI, Sdri. Dinda Rahma Sari Harahap.

Kunjungan pertama dilakukan ke satker Poltek KP Dumai dan diterima langsung oleh Direktur Poltek KP, Bapak Dr. Yaser Krisnafi, didampingi Wakil Direktur yang merupakan PPK Satker Poltek KP Dumai, Bapak Yuniar berserta staf pengelola keuangan lainnya di ruang Direktur Poltek KP Dumai. Dalam pertemuan tersebut Bapak Sukirno menyampaikan hasil evaluasi atas pelaksanaan anggaran satker Poltek KP TA 2022 dan juga Triwulan I 2023 dan memberi masukan untuk optimalisasi nilai IKPA TA 2023, khususnya terkait Deviasi Halaman IIIi DIPA dan Penyerapan Anggaran. Pada kesempatan tersebut, Kepala KPPN Dumai juga mengapresiasi atas prestasi Poltek KP Dumai dalam penggunaan KKP tertinggi selama TA 2022. Diskusi berjalan hangat dan terdapat beberapa pertanyaan yang disampaikan dan langsung di berikan penjelasan oleh Bapak Sukirno dan tim. Direktur Poltek KP Dumai juga mengapresiasi dan menyambut baik kunjungan tersebut, yang cukup bermanfaat dalam memberikan pemahaman yang utuh dalam pelaksanaan anggaran yang berkualitas.

Pada pukul 11.00, tim KPPN Dumai melanjutkan perjalanan ke satker BPS Dumai. Tepat pukul 11.30, tim tiba di BPS Dumai dan disambut langsung oleh Kepala BPS Dumai, Bapak Morhan Tambunan beserta tim. Kegiatan dilaksanakan di ruang rapat BPS bersama PPK, PPSPM dan seluruh pengelola keuangan satker BPS Dumai. Dalam sambutannya, Kepala BPS Dumai menyampaikan terimakasih atas kunjungan yang sempat tertunda 2 kali dan berharap kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan secara rutin. Sama seperti yang dilakukan di Poltek KP Dumai, Bapak Sukirno beserta tim menyampaikan evaluasi pelaksanaan anggaran, khususnya menjelang berakhirnya periode Triwulan I 2023. Isu yang disampaikan adalah terkait deviasi halaman III DIPA dan kesesuaian target penyerapan anggaran. Diskusi berjalan cukup aktif, diantaranya mengenai implementasi KKP/ KKPD dan Digipay pada BPS Dumai.