Jl.Kopral Sayom No. 26 Klaten

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Integrasi Belanja Pegawai pada SatkerLingkup Kementerian Agama

      Pada tanggal 2 Desember 2022 telah dilaksanakan zoom meeting Sosialisasi  Pelaksanaan Pembayaran Integrasi Belanja Pegawai pada SatkerLingkup Kementerian Agama. Zoom Meeting dipandu oleh Bapak Tedy Hendrianto dan paparan disampaikan oleh Bapak Joko Hartanto, Pejabat Fungsional PTPN KPPN Klaten.

      Pada awal paparan disampaikan tujuan integrasi  belanja pegawai yaitu: 1) Mewujudkan efektifiktas, efisiensi pelaksanaan anggaran dan mengurangi potensi pagu minus serta potensi kelebihan pembayaran Belanja Pegawai khusus gaji dan tunjangan melekat, uang makan PNS, uang lembur PNS, dan tunjangan guru/pegawai negeri sipil yang dipekerjakan pada sekolah/madrasah/satuan pendidikan swasta/badan/komisi; 2) Memberikan manfaat terkait dengan penyempurnaan pengelolaan basis data kepegawaian Kemenag yang lebih akurat dan dipermudah melalui penggunaan aplikasi gaji berbasis web.

      Salah satu hal yang ingin diselesaikan adalah terkait pagu minus, dimana banyak terjadi terutama di belanja pegawai. Dengan diintegrasikan pengelolaan belanja pegawai diharapkan akan mempermudah koordinasi sehingga potensi adanya pagu minus bisa ditiadakan.

      Pengintegrasian anggaran belanja pegawai tahun anggaran 2023 di lingkup satuan kerja Kementerian Agama akan melibatkan satker-satker Kemenag meliputi : 1) gaji dan tunjangan melekat PNS; 2)uang makan PNS; 3)uang lembur PNS, dan 4)tunjangan guru/pegawai negeri sipil yang dipekerjakan pada sekolah/madrasah/ satuan pendidikan swasta/badan/komisi yang dilaksanakan mulai tahun anggaran 2023 dan dengan Beban DIPA 2023,  5) termasuk tunjangan kinerja dan tunjangan profesi guru PNS.

      Ruang Lingkup Integrasi yaitu dari satker lama ke Satker yang dituju yaitu sebagai berikut : Satker lama meliputi • Kanwil Kemenag Provinsi, • Kantor Kemenag Kab/Kota, • Madrasah Aliyah Negeri; • Madrasah Tsanawiyah,; • Sekolah Menengah Teologi Agama Kristen Negeri; • Sekolah Menengah Agama Katolik Negeri . Satker yang diituju: • Kanwil Kemenag Provinsi • Kantor Kemenag Kabupaten/kota.

      Sedangkan Rundown pelaksanaan pembayaran gaji  sebagai berikut :

 

     

       Kemudian diterangkan juga tentang penerbitan SKPP dan  pengajuan SPM UP/TUP untuk keperluan pembayaran uang makan dan uang lembur bulan Desember 2022.  Setelah itu dilakukan praktek secara detil langkah demi langkah di aplikasi GPP Web.

Alur Migrasi Gaji sebagai berikut :

 

      Dengan sosialisasi diharapakan migrasi gaji dan pembayaran gaji dan lainnya berjalan lancar dan dapat diatasi segala kendala yang terjadi.

Materi Sosialisasi dapat diunduh disini

Penulis : Sumadi

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Klaten
Jalan Kopral Sayom No 26 klaten 57435
Call Center: 14090
Tel: 0272-3320445 Fax: 0272-3320443

 

 IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search