Jl.Kopral Sayom No. 26 Klaten

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi Transfer Ke Daerah Tahun Anggaran 2023 kepada Mitra Kerja KPPN Klaten

      Bertempat di Aula KPPN Klaten, pada tanggal 12  November 2022, telah diselenggarakan acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi TKD 2023. DIPA diserahkan kepada seluruh Kuasa Penggunan Anggaran Satuan Kerja diwilayah kerja KPPN Klaten, sedangkan  Daftar Alokasi Transfer Ke Daerah diserahkan kepada Perwakilan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Klaten dan Kabupaten Boyolali.

      Acara ini merupakan  tindak lanjut dari penyerahan DIPA 2023 oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara kepada Pengguna Anggaran Kementerian/Lembaga pada tanggal 1 Desember 2022. Penyerahan DIPA tingkat Provinsi juga dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah kepada para Bupati/Walikota dan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Satuan Kerja pada tanggal 6 Desember 2022.

      DIPA merupakan Daftar Isian Pelaksanaan APBN. APBN tahun anggaran 2023 ini memiliki arah khusus, yakni APBN 2023 diarahkan untuk tetap berperan penting dalam mengoptimalkan peran APBN sebagai instrumen untuk melindungi masyarakat, meningkatkan produktivitas nasional, dan menjaga keberlanjutan keuangan negara ditengah ketidakpastian perekonomian global.

      Dalam agenda menghadapi gejolak ekonomi global, APBN 2023 dirancang untuk berfokus pada 5 bidang prioritas yakni:

  • bidang pendidikan dalam rangka meningkatkan kualotas SDM yang berdaya saing dan mampu beradaptasi pasca pandemi;
  • bidang kesehatan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan manuju cakupan kesehatan semesta;
  • bidang Perlindungan Sosial, untuk mempercepat penurunan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan, dan pembangunan SDM
    jangka panjang;
  • Bidang Infrastruktur, untuk pembangunan infrastruktur prioritas yang mendukung transformasi ekonomi dan sentra
    pertumbuhan baru;
  • Serta Bidang Pangan, untuk meningkatkan ketersediaan, akses, dan kualitas pangan.

      Rangkaian acara penyerahan DIPA dan daftar alokasi Transfer Ke Daerah Tahun anggaran 2023, dimulai dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan Pembacaan Doa. Acara berikutnya yaitu persembahan tarian punokawan yang dibawakan oleh PPNPN dan satpam KPPN Klaten dimana dalam tarian tersebut terselip pesan bahwa DIPA 2023 dan alokasi transfer daerah yang di salurkan melalui KPPN Klaten diharapkan akan bermanfaat dan berdampak bagi kemajuan masyarakat di berbagai sektor.

      Rangkaian acara berikutnya yaitu sambutan yang disampaikan oleh Kepala KPPN Klaten, Bapak Sugiyana.  Beliau menyampaikan bahwa “besar harapan agar alokasi belanja yang terdapat dalam  DIPA dan Daftar Alokasi TKD 2023 dapat dilaksanakan dengan penuh komitmen untuk mendukung kelancaran dan percepatan pelaksanaan APBN 2023 sejak awal tahun anggaran demi mendukung kesiapan menghadapi tantangan perekonomian global.  Hal berikutnya yang beliau sampaikan yaitu satuan Kerja dan Pemerintah Daerah dapat berkomitmen untuk siap melaksanakan APBN / APBD 2023 secara tepat waktu, tepat guna, serta akuntabel dan transparan.”

      Dalam rangkaian acara berikutnya yaitu sambutan Bupati Klaten yang di wakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten Bapak JAJANG PRIHONO, S.STP., M.Si. Bapak Sekda dalam pidatonya menyampaikan bahwa “kepada para Kuasa Pengguna Anggaran serta OPD terkait harap dingat bahwa DIPA ini adalah suatu bentuk komitmen pemerintah dalam menjaga keberlangsungan perekonomian dan sebagai wujud komitmen pemerintah dalam menjaga masyarakat di tahun anggaran 2023, diharapkan penggunaan APBN ini dapat dilaksanakan dengan penuh amanah dan menjalankan fungsi pemerintah yang diiringi dengan kerja keras agar fungsi ASN sebagai pengayom masyarakat dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang diayomi.”

      Di tahun 2023 KPPN Klaten diamanahi mengelola pagu DIPA untuk satuan kerja diwilayah kerjanya sebesar Rp 1.222 trilyun dengan jumlah satuan kerja sebanyak 74 satuan kerja. Sedangkan untuk alokasi dana TKDD, KPPN Klaten diamanahi mengelola dana sebesar Rp3,7triliun untuk kedua kabupaten yakni Kabupaten Katen dan Kabupaten Boyolali. Namun jika melihat rincian alokasi TKDD di tahun 2023, penyaluran dana TKDD berbeda dari tahun sebelumnya karena KPPN juga diamanahi untuk penyaluran Dana Bagi Hasil (DBH) serta Dana Alokasi Umum (DAU) atas kabupaten diwilayah kerjanya.

 

      DIPA tahun anggaran 2023 diserahkan secara simbolis kepada empat satuan kerja, yang dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas antara KPPN dengan satuan kerja yang menandakan bahwa KPPN Klaten dengan para Kuasa Pengguna Anggaran siap untuk menyongsong tahun 2023 dengan semangat integritas, dedikasi, transparan dan akuntabel dalam mengelola APBN yang telah diamanahi.

     Selain penyerahan DIPA secara simbolis, KPPN Klaten juga memberikan sejumlah apresiasi berupa penghargaan kepada satuan kerja atas kinerja pengelolaan APBN selama Tahun Anggaran 2022. Tidak luput juga KPPN Klaten memberikan penghargaan kepada sejumlah desa berpreastasi atas penyaluran dana desa serta sejumlah Dinas atas kinerjanya dalam kontribusinya dalam pengelolaan Dana Desa.

      Rangkaian acara ditutup dengan sesi pengambilan gambar bersama dengan seluruh pemangku kepentingan yang hadir, baik para Kuasa Pengguna Anggaran maupun para pejabat daerahlyang mewakili Kabupaten Klaten dan Kabupaten Boyolali.

      Besar harapan di tahun 2023 kinerja pelaksanaan anggaran masing-masing satker Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah lingkup Kantor Bayar KPPN Klaten dapat meningkat, menjadi semakin berkualitas.

     Serta tidak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu Kuasa Pengguna Anggaran serta Pimpinan Daerah dan jajaran, atas partisipasi, bantuan, dan kerja samanya selama tahun anggaran 2022. Semoga sinergi dapat terus ditingkatkan untuk di masa mendatang.

 

Penulis : Prima-KPPN Klaten

Editor : Sumadi KPPN Klaten

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Klaten
Jalan Kopral Sayom No 26 klaten 57435
Call Center: 14090
Tel: 0272-3320445 Fax: 0272-3320443

 

 IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search