Jl.Kopral Sayom No. 26 Klaten

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Peringatan Hari Bakti Perbendaharaan ke-19 Tahun 2023

      Pelaksanaan Peringatan Hari Bakti Perbendaharaan di KPPN Klaten dilaksanakan pada Hari Rabu tanggal 18 Januari 2023. Semua Peserta kegiatan telah mengenakan pakaian batik lengan pendek.

      Acara disiang hari yaitu ramah tamah kepala KPPN Klaten dilanjutkan makan siang bersama dengan menu nasi kuning sebagai rasa syukur atas perjalanan dan capaian Ditjen Perbendaharaan selama 19 tahun ini.

      Acara pada siang hari bergabung secara Zoom Meeting dengan peringatan Puncak Peringatan Hari Bakti Perbendaharaanke-19 Tahun 2023 di Gedung Pusat Studi dan Kajian Perbendaharaan Negara KPPN Malang  yang diselenggarakan secara hybrid.

 

 

 

      Beberapa tokoh penting yang turut hadir secara langsung dalam kegiatan tersebut selain jajaran pejabat pada Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, Wakil Gubernur Jawa Timur, Walikota Malang, Bupati Malang, Walikota Batu dan Pejabat Eselon I Kementerian Keuangan.

      Setelah Pembukaan oleh MC, semua perserta dipersilakan berdiri untuk Menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Setelah selesai peserta dipersilakn duduk kembali.

      Acara berikutnya yaitu Penayangan Video Perjalanan Transformasi Ditjen Perbendaharaan. Diantaranya yaitu terbitnya UU Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara.

      Setiap tanggal 14 Januari adalah hari yang spesial bagi tiap insan perbendaharaan. Mengapa? Karena pada hari itu diperingati sebagai hari bakti perbendaharaan, hari lahir Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan. Telah 19 Tahun yang lalu, tepatnya pada 14 Januari 2004, yaitu terbitnya UU Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara. UU ini merupakan  tonggak sejarah yang menandai era baru dalam sejarah treasury di republik ini. Sebelum ditetapkannya UU Nomor 1 Tahun 2004, peraturan yang mengatur tentang Kebendaharaan Negara masih menggunakan produk hukum warisan kolonial Belanda yakni Indische Comptabiliteits Wet (Staatsblad Tahun 1925 Nomor 448) atau lebih dikenal dengan sebutan ICW.

      Sampai tahun 2023 yaitu di usia yang ke-19 ini, DJPb telah melakukan banyak hal dalam penguatan tugas dan fungsinya untuk berperan dalam mewujudkan Tujuan bernegara diantaranya yaitu memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam beberapa tahun terakhir, penguatan tugas dan fungsi yang telah dilakukan di antaranya penguatan tugas kantor vertikal DJPb sebagai TreasurerRegional Chief Economist (RCE), Financial Advisor di daerah, dan yang terbaru yaitu InTress dan Shadow Organization.

      Acara berikutnya yaitu Laporan Dirjen Perbendaharaan. Diantara yang disampaikan yaitu mengapa peringatan dipusatkan di Gedung Pusat Studi dan Kajian Perbendaharaan Negara KPPN  Malang. Diantaranya yaitu insan perbendaraan dapat mengingat/ kilas balik perjalanan Ditjen Perbendaraan untuk diambil hikmah dan pelajarannya.

      Dalam laporan Dirjen Perbendaharaan, Berbagai upaya yang dilakukan menjadi aktualisasi dari kutipan dalam List of Quote dalam Agenda Kerja 2022, yakni “Goes beyond our normative function”. Maknanya adalah, Insan Perbendaharaan dalam bekerja tidak sebatas pada tataran fungsi normatif, tetapi harus melampauinya, misalnya dengan membuka cakrawala baru untuk keluar dari paradigma konvensional dan tradisional dalam pelaksanaan anggaran. 

      Branding InTress sendiri merupakan arahan Direktur Jenderal Perbendaharaan sebagai upaya mewujudkan reformasi dan rebranding organisasi sesuai dengan perkembangan tugas dan fungsi yang memerlukan simbol dan branding baru dengan nama Indonesian Treasury atau disingkat menjadi “InTress”, sehingga institusi dan peran DJPb makin dikenal serta mudah diingat dan dipahami oleh stakeholders maupun masyarakat luas.

      Lebih lanjut, Adapun Shadow Organization merupakan bentuk penajaman tugas, fungsi, dan struktur organisasi pada Kantor Wilayah DJPb dengan meningkatkan peran instansi vertikal dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di daerah sebagai treasurer, regional chief economist dan financial advisor. 

      Hal Berikutnya yang disampaikan yaitu tentang Shadow Organization, yaitu agar perubahan di Ditjen Perbendaharaan berjalan lancar. Kemudian penambahan symbol In Tress, agar mudah diingat dan menginspirasi insan perbendaharan menjadi Treasure yang sesungguhnya, serta mudah diingat dan dipahami oleh stakeholders maupun masyarakat luas.

      Acara berikutnya yaitu Penayangan Video RCE Center,  Penandatanganan Prasasti RCE Center  dan Pemotongan Tumpeng Hari Bakti Perbendaharaan 2023. RCE Center berada di Lantai 2 KPPN Malang.

      Acara berikutnya yaitu Arahan Menteri Keuangan. Diantara yang disampaikan Menteri keuangan diantaranya dimana Indonesia dapat dikatakan berhasil menangani pandemi berikut dengan dampak ekonomi dan sosialnya secara baik. Sebagaimana dinyatakan oleh Presiden RI beberapa waktu yang lalu, hal ini dapat terjadi karena antar-kementerian dan antara pemerintah pusat dengan daerah bekerja sama. Ke depannya, jajaran Kementerian Keuangan harus menyiapkan dan menata diri untuk menjaga Indonesia terhadap tantangan-tantangan baru.

      Hal berikutnya yang disampaikan Menkeu yaitu, "Dengan melemahnya berbagai indikator ekonomi, semua menjurus pada kesimpulan yang sama bahwa tantangan tahun 2023 adalah harga komoditas tinggi, suku bunga tinggi, dan konsekuensinya ekonominya melemah. Tema Hari Bakti Perbendaharaan tahun ini tentang transformasi ekonomi dalam menjaga masyarakat dan perekonomian, hal ini menjadi makin penting. Kementerian Keuangan harus berpikir bagaimana menggunakan instrumen fiskal untuk mengatasi berbagai tantangan. APBN bukan sebuah tujuan, melainkan alat yang harus kita siapkan dengan baik sehingga selalu bisa menjawab kebutuhan apa saja dari negara kita".

      Berikutnya Menkeu juga mengapresiasi DJPb sebagai instansi yang melakukan banyak sekali evolusi dan transformasi, diawali dengan diterbitkannya Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara. Kehadiran DJPb di berbagai wilayah di Indonesia menjadi salah satu perwakilan atau wajah dari Kementerian Keuangan yang menjaga koneksi dengan para stakeholders sekaligus menguatkan semangat kolaborasi Kemenkeu Satu yang dinamis.

      Hal berikutnya yang dingatkan  Menkeu yaitu, "Indonesia memiliki kondisi geografis yang beragam dan wilayah yang sangat luas. Dengan keberadaan di seluruh Indonesia, peranan kita juga bekerja sama dengan seluruh pihak, Kementerian Negara/Lembaga dan pemerintah daerah. Membentuk Regional Chief Economist (RCE) merupakan konsekuensi logis. Kita juga harus mampu memberikan fondasi yang baik sebagai warisan untuk meneruskan perjalanan Indonesia ke depannya. Jaga skill dan profesionalisme SDM, yakinkan bahwa organisasi kita agile, fleksibel, transparan, akuntabel, responsif seperti yang sudah kita lakukan ketika pandemi, dan proses bisnis kita adaptif dengan teknologi yang terus berubah. Yakinkan bahwa cara kerja, instrumen, policy, dan regulasi yang dibuat mendukung transformasi Indonesia yang akan menuju high income country".

      Acara berikutnya yaitu Penayangan Video Ucapan Selamat Hari Bakti Perbendaharaan 2023 dari beberapa kepala Daerah dan beberapa Kementerian Lembaga. Kemuadian Penayangan Video Testimoni Sosok Penerima Manfaat DJPb (Pelaku UMKM, Kepala Desa, Satker, Local Expert). Hadirin yang Hadir Luring meninggalkan tempat dan MC memberikan kata Penutup.

      Untuk di KPPN Klaten acara dilanjutkan potong tumpeng oleh kepala kantor yang diberikan kepada Kasubbag Umum. Kemudian Kepala Kantor memberikan arahan atau menggarisbawahi pesan dari Menteri Keuangan dan Dirjen Perbendaharaan.  Yaitu agar kita semua pegawai KPPN Klaten sebagai insan Perbendaharaan selalu meningkatkan kompetensi dan siap menjalan tugas dan fungsi yang semakin luas dengan berbagai tantangannya. Dan yang paling penting menyiapkan mental dan yakin mampu sehingga tidak stress. Acara ditutup denga Foto bersama.

Penulis : Sumadi, dari berbagai sumber, terutama web KPPN Malang dan web Kab Malang

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Klaten
Jalan Kopral Sayom No 26 klaten 57435
Call Center: 14090
Tel: 0272-3320445 Fax: 0272-3320443

 

 IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search