Jl. Thomas Cup No.1 Kab. Tanjung Jabung Barat
Previous Next

Implementasi BCP KPPN Kuala Tungkal

Berada di wilayah Cincin Api Pasifik dengan banyak aktivitas tektonik menyebabkan Indonesia rentan terhadap risiko natural disaster seperti gempa bumi, banjir, tsunami, dan erupsi gunung berapi.

DJPb memiliki kantor vertikal yang tersebar di seluruh Indonesia sehingga unit kerja DJPb termasuk sarana prasarana serta sumber daya manusianya memiliki risiko-risiko terdampak atas natural disaster tersebut.

Selain bencana alam, bencana yang disebabkan oleh peristiwa non alam juga harus diwaspadai seperti: epidemi, wabah penyakit, gagal modernisasi, ataupun gagal teknologi yang sangat berpotensi menghambat layanan utama, khususnya pada pada unit vertikal DJPb yang memiliki fokus melakukan pelayanan kepada stakeholders.

KPPN Kuala Tungkal sebagai bagian dari kantor vertikal DJPb tidak lepas kedua risiko tersebut. Data dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan menunjukan bahwa salah satu risiko bencana tertinggi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat adalah Kebakaran. Pada periode Januari s.d. Desember 2021 lalu tercatat 24 kasus kebakaran dengan total kerugian mencapai lebih dari Rp4,8 miliar.  

Untuk menhindari risiko tersebut dan dalam rangka memastikan layanan utama agar tetap berjalan pasca bencana, KPPN Kuala Tungkal menyelenggarakan kegiatan Business Continuity Plan (BCP) yang bertujuan untuk mengurangi dampak bencana, mengidentifikasi sumber daya yang dibutuhkan dan menyusun strategi pemulihan, mengidentifikasi risiko-risiko utama, serta meningkatkan kesadaran para pejabat/pegawai.

Kegiatan BCP tersebut dilaksanakan atas sinergi antara KPPN Kuala Tungkal dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kab. Tanjung Jabung Barat pada Jumat, 10 Juni 2022, di aula dan halaman Parkir KPPN Kuala Tungkal.

kegiatan tersebut difokuskan pada Incident Response Procedure (IRP), dimana para pegawai KPPN Kuala Tungkal berkesempatan mendengarkan materi serta melakukan simulasi terkait pencegahan kebakaran pada kompor gas LPG, pencegahan kebakaran menggunakan karung goni yang dibasahkan, serta  pencegahan kebakaran menggunakan APAR.

Melalui kegiatan tersebut Mingguh berharap KPPN Kuala Tungkal akan semakin TANGGUH dalam mengawal APBN di Kuala Tungkal.

     

 

 

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jambi
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Kuala Tungkal
Jl. Thomas Cup No.1 Tungkal Ilir III Kuala Tungkal Kab. Tanjung Jabung Barat 36513
Tel: 0742-323225 Fax: 0742-323226

IKUTI KAMI:

 

PENGADUAN:

     
     
   

Search