PELATIHAN SERVICE EXCELLENT KPPN MANOKWARI TAHUN 2022
“Meningkatakan Kualitas Layanan dan Konsultasi Baik Secara Online maupun Offline”
Oleh : Kukuh Galang Waluyo
Service excellent atau mampu memberikan layanan di atas harapan yang diinginkan menjadi target yang harus dicapai setiap organisasi untuk menghasilkan pelayanan jasa yang optimal.
Service Excellent berasal dari dua kata dalam bahasa inggris, yaitu service yang mempunyai arti jasa, pelayanan, dan tugas. Serta excellent yang mempunyai arti unggul, ulung, dan terbaik. Sehingga service excellent dapat diartikan sebagai upaya memberikan layanan terbaik yang berorientasi pada kepentingan pelanggan yang memungkinkan terciptanya kepuasan yang optimal.
Di Indonesia, service excellent juga disebut sebagai pelayanan prima. Pelayanan prima tersebut dapat diterapkan pada semua jenis usaha, baik itu barang maupun jasa, layanan masyarakat maupun produk pangan demi terciptanya pelanggan yang puas dan loyal.
Di dalam dunia bisnis, menciptakan loyalitas konsumen sangat penting bagi perusahaan. Loyalitas konsumen adalah wujud kesetiaan konsumen untuk menggunakan suatu produk atau jasa dengan continue atau terus menerus. Karena memiliki kepuasan yang tinggi terhadap produk atau jasa yang digunakan, konsumen yang loyal akan cenderung timbul rasa untuk merekomendasikan produk atau jasa tersebut ke orang lain, agar mereka dapat merasakan kepuasan seperti apa yang dirasakan saat menggunakan produk atau jasa yang digunakan. Hal tersebut akan semakin meningkatkan profit perusahaan.
Selain itu, pelanggan yang loyal juga tidak akan pergi apabila perusahaan tertimpa musibah. Pelanggan yang loyal akan terus membeli produk perusahaan karena sudah mempunyai kepercayaan yang tinggi terhadap perusahaan. Bahkan pelanggan yang loyal akan membela perusahaan apabila perusahaan tertimpa masalah. Pelanggan yang loyal tersebut didapatkan dari service excellent.
Mengingat pentingnya service excellent tersebut, KPPN Manokwari telah melaksanakan kegiatan pelatihan service excellent pada hari sabtu, tanggal 4 Juni 2022 di Pendopo Resort Pantai Kaviar, Amban, Manokwari bersama dengan Bank Mandiri cabang Manokwari.
Yang menjadi narasumber pada kegiatan Pelatihan Service Excellence ini adalah Bank Mandiri Cabang Manokwari yaitu Saudara Yubelin Ira Merdekawati yang mempunyai jabatan sebagai Relationship Manager Kelembagaan dan Saudara Apriana Parulian Sinaga yang mempunyai jabatan sebagai Relationship Manager Mikro.