Jalan Adi Sucipto No.29, Kelurahan Tenda, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur

Berita

Seputar KPPN

Survei Keekonomian Debitur UMI 2021

 

            Manggarai – Jumat, 3 Desember 2021, Seksi Bank KPPN Ruteng didampingi Lembaga Penyalur Pembiayaan UMi Pegadaian Cabang Ruteng dan Labuan Bajo telah melaksanakan survei Nilai Keekonomian Debitur kepada 3 (tiga) debitur Pembiayaan UMi yang bertempat tinggal di wilayah kerja KPPN Ruteng. UMi sendiri merupakan akronim dari Ultra Mikro, sehingga Pembiayaan UMi merupakan program fasilitas pembiayaan dalam bentuk kredit konvensional maupun pembiayaan syariah dengan syarat yang mudah dan cepat sehingga dapat lebih mudah menjangkau usaha-usaha mikro yang sulit untuk mendapat pembiayaan dari Perbankan. Dengan adanya fasilitas pembiayaan UMi, maka Pemerintah mengharapkan jumlah wirausaha dapat bertambah dan bertumbuh usahanya.

          Survei Nilai Keekonomian Debitur sendiri merupakan salah satu bentuk monitoring dan evaluasi Pembiayaan UMi yang dilaksanakan oleh Dirjen Perbendaharaan c.q. KPPN. Survey ini dilaksanakan untuk mengukur apakah terdapat perubahan/perkembangan pada tingkat kesejahteraan dan usaha debitur setelah debitur memperoleh Pembiayaan UMi. Nilai keekonomian debitur disini dibagi menjadi nilai keekonomian pribadi yang menggambarkan kondisi ekonomi debitur dari aspek kesejahteraan, pendidikan, standar hidup debitur dan nilai keekonomian usaha yang mencerminkan kondisi ekonomi debitur dari aspek aset usaha, omset usaha, dan jumlah tenaga kerja debitur. Agar mendapatkan data Survei yang valid survei dilaksanakan tiap semester dan dibagi menjadi dua jenis yaitu Survei Baseline yang bertujuan untuk mengukur kondisi keekonomian debitur saat baru memperoleh Pembiayaan UMi dan Survei Endline yang bertujuan untuk mengukur kondisi keekonomian debitur setelah memperoleh Pembiayaan UMi setahun setelah pelaksanaan Survei Baseline.

          Dalam kegiatan Survei Nilai Keekonomian Debitur UMi Semester II, KPPN Ruteng melakukan Survei Baseline pada debitur di wilayah Ruteng dan Survei Endline pada debitur wilayah Labuan Bajo. Pada Survei Baseline, survei dilakukan kepada debitur Lembaga Penyalur Pegadaian a.n. Ibu Theresia yang menjalankan usaha peternakan babi dan menjual minyak tanah, dan untuk Survei Endline dilakukan kepada debitur Lembaga Penyalur Pegadaian a.n. Bapak Simon yang memiliki usaha kos dan toko kelontong dan kepada debitur a.n Ibu Nurhidayah yang menjalankan usaha warung. Selama Survei dilaksanakan kami tetap menjaga protokol kesehatan mengingat masa pandemi COVID-19 masih belum usai.

          Dengan dilakukannya Survei Nilai Keekonomian Debitur ini, dapat disimpulkan bahwa Pembiayaan UMi sangat membantu para debitur untuk tetap dapat menjalankan usaha mereka, khususnya pada masa pandemi ini. (rost)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search