Sibolga

Berita

Seputar Kanwil DJPb

LAKIN KPPN Sibolga Tahun 2021

Penyusunan LAKIN merupakan amanat Perpres Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Peraturan Menteri Negara PAN dan RB nomor 53 tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Reviu atas Laporan Kinerja, dimana diatur bahwa setiap instansi pemerintah wajib untuk menyusun Laporan Kinerja sebagai pertanggungjawaban atas pencapaian tujuan/sasaran strategis instansi.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 262/KMK.01/2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sibolga merupakan instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara. Sesuai dengan Penetapan Kinerja Tahun 2021, KPPN Sibolga memiliki visi menjadi pengelola perbendaharaan negara di daerah yang profesional, modern, transparan, dan akuntabel. Untuk mewujudkan visi tersebut, telah ditetapkan sepuluh sasaran kerja dan dijabarkan lebih lanjut dalam 20 Indikator Kinerja Utama (IKU).

Berdasarkan capaian target IKU 2021, hasil perhitungan capaian kinerja organisasi KPPN Sibolga adalah sebesar 108,78% dari target yang ditetapkan. Rincian pencapaian target Indikator Kinerja Utama (IKU) KPPN Sibolga Tahun 2021, adalah sebagai berikut:

  1. Nilai kualitas LK Kuasa BUN KPPN terealisasi sebesar 98,428 (target 94)
  2. Indeks kepuasan satker terhadap layanan KPPN terealisasi sebesar 4,86 (target 4,64)
  3. Persentase penyelesaian SP2D secara tepat waktu terealisasi sebesar 100% (target 99,4%)
  4. Indeks efektivitas edukasi dan komunikasi terealisasi sebesar 96,11 (target 97,5)
  5. Persentase tingkat implementasi standardisasi kompetensi pejabat perbendaharaan terealisasi sebesar 58,02% (target 30%)
  6. Persentase tingkat implementasi Aplikasi SAKTI terealisasi sebesar 100% (target 100%)
  7. Persentase akurasi perencanaan kas KPPN terealisasi sebesar 100% (target 82%)
  8. Indeks efektivitas pengelolaan pengeluaran kas terealisasi sebesar 4 (target 3,15)
  9. Nilai kinerja pelaksanaan anggaran K/L terealisasi sebesar 97,11 (target 89)
  10. Nilai kinerja penyaluran Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa terealisasi sebesar 99,33 (target 90)
  11. Tingkat partisipasi pelaporan data capaian output satker terealisasi sebesar 98,23 (target 89)
  12. Persentase rekonsiliasi tingkat UAKPA secara tepat waktu dan andal terealisasi sebesar 100% (target 98,1%)
  13. Persentase LPJ Bendahara yang andal dan tepat waktu terealisasi sebesar 100% (target 98%)
  14. Nilai kualitas pengelolaan kinerja berbasis Strategy Focused Organization terealisasi sebesar 91,63 (target 84)
  15. Nilai hasil evaluasi pelaksanaan tugas kepatuhan internal terealisasi sebesar 97,86 (target 83)
  16. Nilai rata–rata hard competency pegawai terealisasi sebesar 93 (target 78)
  17. Persentase kualitas pelaksanaan anggaran KPPN terealisasi sebesar 99,02% (target 95,5%)
  18. Nilai kualitas LK tingkat UAKPA dan UAKPB terealisasi sebesar 89,70 (target 82)
  19. Tingkat kualitas pengelolaan BMN terealisasi sebesar 111,89% (target 100%)
  20. Persentase penyelesaian implementasi Rencana Sistem Manajemen Keamanan Informasi terealisasi sebesar 100% (target 80%)

 Selama tahun 2021, KPPN Sibolga juga telah meraih beberapa prestasi, di antaranya:

  1. Peringkat III Hasil Penilaian Kinerja KPPN Tipe A2 Lingkup Kanwil DJPb Prov. Sumatera Utara Semester II Tahun 2020
  2. Peringkat I Capaian Kinerja Pelaksanaan Anggaran Periode Penilaian s.d Semester I Tahun 2021 Kategori KPPN A-2 sebagai BUN
  3. Peringkat I Hasil Kinerja Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa KPPN Lingkup Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Utara Periode Semester I Tahun 2021
  4. Peringkat I Hasil Penilaian Kinerja Kategori Pelaksanaan Tugas Kepatuhan Internal KPPN Tipe A2 Lingkup Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Utara Periode Semester I Tahun 2021
  5. Peringkat II Satker dengan IKPA Terbaik Semester I Tahun 2021 KPPN Tipe A2 Lingkup Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Utara
  6. Peringkat II Hasil Penilaian Kinerja Kategori Tata Kelola Internal KPPN Tipe A2 Lingkup Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Utara Periode Semester I Tahun 2021
  7. Peringkat III Penatausahaan BMN Untuk Wilayah Kerja KPKNL Padangsidimpuan
  8. Penghargaan sebagai Mitra Kerja Terbaik Dalam Pelayanan Prima Bebas Biaya dan Gratifikasi dari PA Pandan
  9. Penghargaan sebagai Mitra Kerja Terbaik dari Pengadilan Agama Sibolga

Dalam mencapai sasaran kerja dan IKU yang telah ditetapkan, KPPN Sibolga telah mengupayakan secara maksimal pemanfaatan sarana, prasarana, dan sumber daya manusia yang ada. KPPN Sibolga akan terus berupaya meningkatkan kinerja, melakukan evaluasi, dan menerapkan strategi-strategi yang tepat sehingga target IKU pada tahun 2021 dapat tercapai secara keseluruhan.

LAKIN KPPN Sibolga Tahun 2021 secara lengkap dapat diunduh pada tautan berikut.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search