Jl. Prof. M. Yamin No. 77 Kab. Sijunjung

Profiling Pegawai, Analisis Individu, dan Kompetensi (PAI SIKO)

PAI SIKO diciptakan guna mengetahui profil pegawai, baik dari sisi data-data umum pegawai seperti keluarga, alamat tempat tinggal, alamat homebase, data keluarga, dan tak lupa data penghasilan, diperlukan informasi yang tepat sehingga dapat dijadikan dasar pimpinan untuk mengambil keputusan maupun menilai risiko fraud yang mungkin terjadi. Selain itu dengan adanya profil, pegawai diharapkan pimpinan mengetahui kondisi keluarga, kondisi rumah, maupun kondisi lingkungan sekitarnya yang mungkin dapat berdampak pada kinerja pegawai. Selain itu, dalam PAI SIKO juga ditampilkan kompetensi yang dimiliki pegawai, berdasarkan profiling/assessment yang dilakukan oleh kantor pusat, maupun self assessment menggunakan metode DISC. Dengan menggunakan metode sederhana melalui penilaian mandiri, diperoleh data dan informasi watak/perilaku dasar pegawai, sehingga dapat menjadi masukan bagi pimpinan untuk mengambil keputusan, penempatan pegawai, maupun pengembangan kompetensi kedepannya. PAI SIKO dapat dijadikan masukan bagi pimpinan dengan menggunakan data kompetensi yang dimiliki pegawai untuk pengembangan maupun Langkah strategis dalam pencapaian visi misi kantor.

  1. Menilai pegawai tidak hanya dari fisik, namun juga dari finansial dan informasi relevan lainnya.
  2. Membantu pimpinan dalam mengambil keputusan, karena dalam PAI SIKO terdapat data kontak orang terdekat yang dapat dihubungi, alamat rumah dan alamat homebase, serta risiko dari usia, dengan memasukkan variable waktu pensiun diharapkan diperoleh informasi faktor Kesehatan dan kebugaran pegawai.
  3. Pentingnya pengembangan kompetensi bagi pegawai, oleh karena itu pimpinan perlu mengetahui sejauh mana watak pegawai melalui pengukuran sederhana yaitu DISC.

Pimpinan dalam hal ini kepala KPPN tinggal mengakses google drive yang disediakan oleh Kepala Seksi VeraKI dan tidak dapat diakses oleh pihak lainnya. Kemudian apabila terjadi sesuatu yang membutuhkan komunikasi dengan keluarga pegawai, maka dapat menghubungi kontak darurat. Keluarannya adalah terwujudnya mitigasi fraud dan upaya peningkatan kompetensi yang tepat sasaran sehingga dapat meningkatkan kinerja pegawai dan kantor.

  1. Manfaat utama adalah pimpinan dapat mengetahui lebih dalam dan intim dengan para pegawai secara professional, sehingga keluh kesah dan masalah pegawai dapat dengan cepat diketahui.
  2. Sebagai sarana coaching, mentoring dan counseling bagi bawahan oleh pimpinan. Sehingga diharapkan dapat diperoleh permasalahan yang menghambat pencapaian kinerja pegawai maupun kantor.

Lesson learnt dari PAI SIKO yang didapat antara lain:

  1. Menggunakan kearifan lokal dalam menyebarkan virus integritas.
  2. Menilai pegawai tidak hanya dari fisik, namun juga dari finansial dan informasi relevan lainnya.
  3. Membantu pimpinan dalam mengambil keputusan, karena dalam PAI SIKO terdapat data kontak orang terdekat yang dapat dihubungi, alamat rumah dan alamat homebase, serta risiko dari usia, dengan memasukkan variable waktu pensiun diharapkan diperoleh informasi faktor Kesehatan dan kebugaran pegawai.
  4. Pentingnya mengetahui potensi kualifikasi pegawai, dalam rangka pengembangan karir dan kompetensi pegawai.

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

        

 

PENGADUAN

 

Search