Layanan Filial KPPN Tanjung Selor di Malinau Resmi Dibuka
Dalam rangka memberikan kemudahan dan meningkatkan pelayanan perbendaharaan kepada para pemangku kepentingan, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjung Selor menghadirkan layanan filial di Malinau. Layanan filial ini merupakan wujud komitmen Ditjen Perbendaharaan (DJPb) untuk terus berupaya memberikan pelayanan yang lebih optimal demi tercapainya pengelolaan APBN yang mampu mendukung pembangunan demi tercapainya kesejahteraan rakyat, termasuk yang ada di remote area.
Layanan filial ini telah secara resmi beroperasi pada Hari Kamis (24/01) lalu setelah dilakukan pengguntingan pita oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Utara, Teguh Dwi Nugroho dengan disaksikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau,
Hendri Damus dan Direktur Pengelolaan Kas Negara, Didyk Choiroel. Lokasi layanan filial ini berada di salah satu ruangan Gedung Gabungan Dinas Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau.
Di hadapan para undangan acara peresmian layanan Filial KPPN Tanjung Selor di Malinau, Teguh menyampaikan bahwa Layanan Filial ini merupakan sebuah bentuk layanan KPPN kepada satuan kerja yang berada di wilayah remote dari KPPN Induk.
“Layanan filial ini merupakan sebuah bentuk layanan yang akan memberikan bantuan bagi unit kerja yang berada di wilayah remote untuk dapat melaksanakan pengelolaan keuangan negara dengan baik, efektif dan efisien,” jelas Teguh.
Lebih lanjut, Teguh menerangkan bahwa Layanan Filial KPPN atau KPPN Filial adalah layanan front office KPPN yang ditempatkan di luar KPPN untuk meningkatkan dan mendekatkan pelayanan kepada stakeholders dan dilaksanakan oleh Satuan Tugas berdasarkan penugasan khusus dari Kepala KPPN.
Sebagaimana disebutkan oleh Teguh, Layanan Filial KPPN Tanjung Selor di Kabupaten Malinau selain melayani Pencairan APBN juga memberikan konsultasi terkait DAK Fisik dan Dana Desa untuk wilayah Kabupaten Malinau dan sekitarnya.
Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau Hendris Damus menyatakan bahwa pemda menyambut baik layanan filial KPPN Tanjung Selor di Malinau. Layanan ini diharapkan mampu untuk mendorong pencairan APBN sehingga bisa lebih efektif dan cepat.
“Kami berharap agar koordinasi dengan KPPN akan lebih mudah, sehingga terkait realisasi DAK Fisik dan Dana Desa bisa lebih optimal dan dapat mencapai target pembangunan nasional di daerah, yang pada akhirnya akan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Malinau, sehingga secara khusus akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” harap Hendris Darmus mewakili Bupati Malinau yang berhalangan hadir.
Lebih lanjut lagi dalam menyikapi layanan konsultasi yang disediakan oleh layanan filial terkait Pelaporan Keuangan, Hendris Darmus menyampaikan bahwa hal ini akan dapat membantu Pemda dalam mempertahankan status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada opini laporan keuangan Pemda Kabupaten Malinau.
“Kami mengharapkan dengan koordinasi yang baik dan layanan konsultasi tentang pelaporan keuangan di layanan filial KPPN Tanjung Selor di Kabupaten Malinau akan menjadi salah satu upaya Pemda Kabupaten Malinau untuk mempertahankan opini WTP yang sudah diraih selama 4 tahun berturut-turut," ungkap Hendri Darmus.
Pada acara peresmian tersebut disuguhkan pula simulasi layanan secara langsung yang dilakukan oleh petugas layanan filial. Satuan kerja yang berkesempatan mencoba layanan tersebut adalah instansi Kejaksaan Agung Negeri Kabupaten Malinau dan Kementerian Agama Kabupaten Malinau.
Semoga dengan kehadiran layanan filial ini dapat turut membantu memperlancar program-program pemerintah dalam rangka meningkatkan perekonomian di Kabupaten Malinau.