Tebingtinggi

Berita

Seputar KPPN Tebingtinggi

Service Excellent KPPN Tebing Tinggi Tahun 2023

Jumat, 10 Maret 2023 Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tebing Tinggi melaksanakan kegiatan Capacity Building di ruang Aula gedung KPPN Tebing Tinggi. Kegiatan dilaksanakan pada Hari Jumat 10 Maret 2023 pukul 09:00 - 11:00 wib di ruang layanan KPPN Tebing Tinggi. Kegiatan Serive Excellent meliputi pengarahan dari kepala KPPN Tebing Tinggi, Ibu Mercy Monika R Siompul serta pengantar oleh Bapak Ahmad Bakhtiar selaku kepala Bank Mandiri Regional 1 Sumatera, dan penyampaian materi oleh tim kepala Bank Mandiri Regional 1 Sumatera. Kegiatan dibuka oleh Ibu Monika Sitompul selaku Kepala KPPN Tebing Tinggi dengan menyampaikan agar diambil manfaatnya atas materi yang akan disampaikan oleh narasumber yang andal untuk meningkatkan layanan kepada stakeholders KPPN Tebing Tinggi dan diharapkan terdapat kedeltaan setelah kegiatan ini.

Pembahasan berikutnya adalah penyampaian materi yang disampaikan oleh Ibu Sinta Apriani selaku tim Bank Mandiri Regional 1 Sumatera 1 yang meliputi:

  • KPPN Tebing Tinggi dinilai telah melakukan service excellent (culture service) dengan memahami pentingnya memberikan pelayanan terbaik bagi stakeholder.
  • Strategis yang dilakukan unit narasumber dalam memberikan layanan yaitu berorientasi pada memberikan manfaat pada pelanggan bukan produk.
  • Ketulusan dalam memberikan layanan merupakan suatu sikap yang dibiasakan. Ketulusan dalam melayani berasal dari sikap seseorang dalam menjalankan tugasnya.
  • Culture Service dilakukan dengan setulus hati
    Pentingnya Culture Service yang tulus dan menumbuhkan kesadaran pada pegawai bahwa pelayanan kepada stakeholders bukanlah tugas rutin belaka, melainkan merupakan tanggung jawab yang harus diemban dengan sepenuh hati.
  • Memulai Culture Service dari bottom to top Memulai Culture Service seperti ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan stakeholders dengan memberikan pengertian mengenai pentingnya Culture Service dan cara memberikan pelayanan yang baik.
  • Pegawai dapat membangun hubungan yang baik dengan stakeholders.Kebutuhan stakeholders berupa kebutuhan informasi, pemenuhan layanan, dan kebutuhan penanganan masalah. Unit harus mampu memberikan pelayanan yang berkualitas dan responsif.
  • Memberikan layanan kepada stakeholders sesuai budaya di Indonesia yaitu dengan eye contact dan sebutan nama.
  • Proses experience yaitu untuk menciptakan pengalaman yang menyenangkan dan positif bagi stakeholders seperti: 1) Teliti grooming - Grooming adalah istilah yang merujuk pada perawatan diri dan penampilan fisik. 2) Bahasa verbal - Bahasa verbal adalah cara kita berbicara dan berkomunikasi dengan stakeholders.Evaluasi tingkah laku 3) Evaluasi tingkah laku dapat mencakup pengamatan, analisis, dan penilaian terhadap tingkah laku dan ekspresi stakeholders.
  • Cara yang efektif untuk menangani keluhan melalui komunikasi verbal yang memperlihatkan rasa empati dan kemampuan mendengarkan dengan efektif.
  • Ada tiga pembangun kualitas komunikasi utama, yaitu visual, vokal, dan verbal (3V): 1)Visual merujuk pada bagaimana seseorang terlihat saat berkomunikasi. Ini meliputi bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan kontak mata. 2) Vokal. Vokal merujuk pada suara seseorang saat berbicara. Ini meliputi intonasi, kecepatan bicara, volume, dan ketegasan. 3) Verbal. Verbal merujuk pada kata-kata yang digunakan dalam komunikasi.

Diharapkan setelah kegiatan sevice excellent ini pegawai dan PPNPN KPPN Tebing Tinggi dapat meningkatkan layanan kepada stakeholders KPPN Tebing Tinggi.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search