Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Wates 

Jalan K.H. Ahmad Dahlan km 2,2 Wates, Kab. Kulon Progo, D.I. Yogyakarta, lihat peta klik di sini

Hasil Survey Kepuasan Pengguna Layanan KPPN Wates Semester I Tahun 2022

Sesuai Keputusan Menteri Keuangan Nomor : 1329/KMK.01/2015 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian Keuangan, Keputusan Dirjen Perbendaharaan Nomor : KEP-261/PB/2016 tentang Pedoman Pembinaan dan Supervisi KPPN, serta Nota Dinas Sekretaris Ditjen Perbendaharaan Nomor : ND-703/PB.1/2019 tanggal 21 Februari 2019 hal Penyampaian Template Manual IKU Kanwil DJPb dan KPPN Tahun 2019,  serta dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan dan untuk mengukur persepsi stakeholder pengguna layanan KPPN Wates terhadap layanan yang telah diberikan, KPPN Wates telah melaksanakan survei kepuasan pengguna layanan untuk Semester I Tahun 2022. Hasil survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Semester I Tahun 2022 pada KPPN Wates sebagai berikut :

 

KPPN Wates telah melaksanakan Survey Kepuasan Pengguna Layanan Semester I Tahun 2022 dengan hasil 4,97 (Sangat Memuaskan).

Survei dilaksanakan berdasarkan Nota Dinas Sekretaris Ditjen Perbendaharan Nomor ND-1419/PB.1/2022 hal Pelaksanaan Survei Kepuasaan Masyarakat Pada Kantor Wilayah dan KPPN. Survei Kepuasan Masyarakat Semester I Tahun 2022 menggunakan formulir sesuai Lampiran Nota Dinas tersebut. Pelaksanaan survei dilaksanakan pada tanggal 21 sampai dengan 28 April 2022 sesuai dengan Surat Kepala KPPN Wates Nomor S-143/KPN.03/2022 tanggal 21 April 2022. Survei dilaksanakan dengan metode Pengisian Kuesioner Mandiri ( Self Assesment ) secara online yaitu dengan mengirim formulir survei pada grup WhatsApp stakeholder dan kemudian stakeholder mengisi formulir survei tersebut dan setelah stakeholder mengisi semua formulir dalam survei tersebut, stakeholder mengirim kembali survei tersebut melalui email/WhatsApp. Sesuai dengan ketentuan, survei dilakukan kepada stakeholder minimal 30% dari jumlah pengguna layanan/stakeholders yaitu sebanyak 30% x 32 = 10 Satker. Pelaksanaan survei kepuasan pengguna layanan KPPN Wates diikuti oleh 32 responden dari 23 Satker.

Dari hasil pengolahan data survei indeks kepuasan stakeholder dapat diketahui bahwa tingkat survei kepuasan stakeholder dengan kategori tinggi (4,97) dari angka 5 , atau indeks yang sama jika dibandingkan dengan periode Semester II tahun 2021. Pada periode Semester I Tahun 2022 parameter penilaian sangat berbeda dengan tahun 2021. Pada Tahun 2021 ada 5 (lima) jenis kriteria layanan, yaitu:

  • Kinerja Layanan Pencairan Dana,
  • Kinerja Layanan Bimbingan dan Konsultasi
  • Kinerja Layanan Konfirmasi Surat Setoran
  • Kinerja Layanan Rekonsiliasi Laporan Keuangan (Realisasi APBN)
  • Sarana dan Prasarana

Di Tahun 2022 ini, survei menjadi lebih sederhana dengan menilai semua Layanan yang ada di KPPN Wates dalam satu penilaian, ada 2 (dua) jenis indikator penilaian dalam survei kepuasaan layanan ini yaitu :

  • Kinerja Layanan
  • Sarana Prasarana

Indeks Kepuasaan Layanan Stakeholders pada Semester I Tahun 2022 sebesar 4,97 sama dengan indeks pada Semester II Taun 2021, merupakan kinerja yang sangat baik di saat KPPN Wates mengawal Implementasi SAKTI Full Modul Tahun 2022. Aplikasi SAKTI yang relatif baru dengan berbagai error/trouble baik faktor SDM atau faktor sistem membuat Satuan Kerja dan KPPN Wates menggunakan lebih banyak effort untuk dapat menuntaskan permasalahan seputar SAKTI. Hal ini membuat khawatir akan penilaian kinerja Layanan di Tahun 2022 menjadi menurun.

Namun secara keseluruhan Nilai Indeks Kepuasaan Masyarakat terhadap layanan sebesar 98% menunjukkan bahwa para pengguna layanan KPPN Wates merasa sangat puas terhadap kinerja pelayanan yang diberikan.

Hal ini dapat dilihat melalui hasil survei terhadap Kinerja Layanan KPPN dimana pengguna layanan menilai kualitas penanganan layanan dikategorikan sangat baik/bagus, kemudahan akses, dan sesuai dengan peraturan (SOP) yang sudah ditetapkan. KPPN Wates terus beradaptasi dan berinovasi mengikuti kebutuhan satker atas layanan yang cepat, tepat, terukur dan informatif, baik itu secara penguasaan aplikasi/IT, peraturan/regulasi maupun keterampilan pendukung lainnya. Adanya grup Whatsapp Satker KPPN “Watesku” menjadi media komunikasi yang sangat efektif antara KPPN Wates dan Satuan Kerja. Satker dapat melakukan konsultasi secara online melalui grup Whatsapp dan juga menyampaikan konfirmasi telah mengirimkan SPM, mengirimkan ADK GPP, mengirim LPJ Bendahara, mengirim konfirmasi setoran dan telah melakukan upload di e-Rekon & LK. Selain itu, KPPN Wates juga menyampaikan informasi-informasi untuk satuan kerja melalui media tersebut. Layanan KPPN Wates tanpa biaya, petugas memberikan informasi secara jelas, mudah dipahami, dapat dipercaya, dan selalu memperhatikan keluhan pengguna layanan. Harapan selanjutnya untuk terus dapat ditingkatkan pelayanan KPPN Wates kepada Satker mitra kerja.

Selain itu ada inovasi Aplikasi Galaksi_176 yang menjembatani kebutuhan Satker untuk Pelayanan secara daring/online. Satker dapat mengunggah permintaan pengesahan SKPP, permintaan konfirmasi setoran, dan lain-lain. Kemudian Satker dapat mengunduh pengesahan SKPP yang sudah jadi, mengunduh Konfirmasi Setoran, mengunduh peraturan/juknis, materi sosialisasi dan lain-lain.

Terkait pernyataan terbuka yang didapat dari survei, dapat ditanggapi dengan beberapa pernyataan sebagai berikut:

  1. Layanan bimbingan/konsultasi selama masa Pandemi Covid 19 kami lakukan secara daring (online) dan tatap muka (offline) dengan tetap melakukan protokol Secara online, konsultasi dilayani melalui telepon/WA sampai masalah tuntas. Apabila melalui online tidak terselesaikan satker bisa datang ke KPPN Wates. Langkah selanjutnya, kami melakukan pendampingan SAKTI khusus bagi satuan kerja yang memerlukan baik Satker datang ke KPPN Wates ( di Mini TLC ) ataupun Petugas KPPN Wates datang ke Satker sesuai permintaan.
  2. Kami selalu menginformasikan terkait adanya perbaikan (maintenance) yang dilakukan Kantor Pusat kepada stakeholders dan adanya update seputar Aplikasi yang dipakai Satker seperti SAKTI, Aplikasi GPP/BPP/DPP, PPNPN dan lain-lain melalui grup Whatsapp Satker KPPN “Watesku”.
  3. Kami sampaikan bahwa jadwal upload melalui e-SPM telah sesuai dengan ketentuan dari Direktorat Sistem Informasi Teknologi Perbendaharaan (SITP) Jakarta, yakni dari pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB dan jadwal layanan KPPN Wates adalah pukul 00 s.d. 15.00 WIB.
  4. Perpanjangan upload SPM dapat diberikan dalam kondisi tertentu, seperti saat penerimaan SPM THR dan SPM Gaji 13 Tahun 2022 serta tanggal penyampaian batas waktu penerimaan SPM sesuai pedoman Langkah-langkah akhir Tahun dimana pembukaan layanan rekonsiliasi gaji sampai dengan pukul 59 WIB termasuk penyampaian SPM dan rekon yang dilakukan pada hari libur kerja (Sabtu dan Minggu berdasarkan Nota Dinas Direktur Pelaksanaan Anggaran Dirjen Perbendaharaan)
  5. Kejelasan pembagian tugas telah sesuai tugas pokok fungsi di masing-masing seksi namun apabila satker ingin melakukan konsultasi dapat menghubungi Customer Service Officer (CSO) dan/atau Pejabat Fungsional Pembina Teknis Perbendaharaan Negara (PTPN) pada KPPN
  6. Informasi bahwa atas semua Layanan KPPN Wates tidak dipungut biaya atau Rp 0,- atau pemberian lain berupa barang/makanan/parcel.

Melalui hasil survei yang diperoleh, meskipun layanan KPPN Wates sudah dinilai sangat baik, hendaknya dipahami sebagai sebuah upaya dukungan agar terus memperbaiki kinerja yang sudah ada. Diharapkan kedepannya KPPN Wates terus berkembang dan senantiasa aktif memberikan pelayanan yang optimal demi tercapainya kemudahan dan kelancaran pelayanan kepada stakeholders.

Dukungan terhadap Layanan kepada Stakeholders yang lebih ramah dan fresh dari sisi sarana dan prasarana yaitu ruang Front Office dengan tampilan baru, adanya ruang tunggu yang nyaman, kondisi lingkungan kantor untuk pelayanan aman sehingga pelanggan merasa tidak bosan untuk menunggu layanan, tersedianya toilet tamu/ tempat ibadah. Tersedianya tempat untuk menyampaikan pengaduan/ keluhan, dan fasilitas lainnya. Di tengah pandemi COVID-19, KPPN Wates juga sudah menerapkan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 dengan menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung antara lain tempat cuci tangan yang tersedia di pintu masuk, cek pengukuran suhu tubuh sebelum masuk tempat layanan, hand sanitizer, dan tempat ibadah yang bersih. Dengan adanya fasilitas tersebut Satuan Kerja tidak perlu takut untuk datang ke KPPN jika ingin mendapatkan Layanan Tatap Muka. Hal tersebut tentu sangat membantu Satuan Kerja di tengah pandemi COVID 19 yang tengah melanda. Kelebihan yang lain diantaranya layanan di KPPN Wates tanpa dipungut biaya atau pemberian lain sehubungan dengan pekerjaan, standar waktu penyelesaian yang jelas dan dalam memberikan pelayanan dapat diandalkan, bersikap sopan, ramah, berpenampilan rapi dan selalu ada petugas yang memberikan pelayanan. Untuk selanjutnya diharapkan untuk terus ditingkatkan pelayanan kepada mitra kerja KPPN Wates.

Seluruh pejabat beserta pegawai KPPN Wates mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh satker mitra kerja KPPN Wates atas penilaian dan partisipasi aktif dalam pelaksanaan kuesioner Kepuasan Pengguna Layanan Semester II Tahun 2021. Kami berkomitmen untuk untuk mempertahankan kinerja yang telah dicapai dan terus berinovasi demi menciptakan pelayanan yang memuaskan bagi seluruh stakeholder.

 

KPPN Wates JOSSH

Jujur|Optimis|Sehat|Sinergi|Harmoni

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search