BERITA

Gedung Lama Terbakar, Kini KPPN Samarinda Gunakan Gedung Baru untuk Layani Satker

Samarinda, djpb.kemenkeu.go.id - Kebakaran pada Maret 2016 memaksa seluruh pegawai KPPN Samarinda memberikan pelayanan darurat di Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Timur. Setelah tiga tahun dibangun, gedung baru KPPN Samarinda diresmikan oleh Dirjen Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono pada Senin (08/04). Gedung baru KPPN Samarinda berdiri pada tanah seluas 3.260 meter persegi  yang merupakan hibah dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

"Penghargaan dan rasa terima kasih saya sampaikan kepada pemerintah daerah Kota Samarinda atas dukungan yang telah diberikan dari awal pembangunan gedung KPPN Samarinda hingga selesai dan diresmikan. Ini menjadi bentuk sinergi dan kerja sama yang luar biasa antara Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Timur dengan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Timur," kata Dirjen Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono saat memberikan sambutan pada peresmian KPPN Samarinda.

Memberikan pelayanan optimal kepada stakeholder yang memiliki jarak yang cukup jauh dari Kota Samarinda, KPPN Samarinda telah membuka layanan filial di Sendawar, Kabupaten Kutai Barat.

"Tahun 2016 gedung KPPN terbakar, sekarang sudah menempati gedung kantor yang lebih baik, mudah-mudahan pelayanan kepada masyarakat Kalimantan Timur dapat lebih baik dan lebih maju. Alhamdulillah dari laporan satker semua berjalan dengan baik dan terima kasih atas kerja samanya. Terima kasih telah membuka KPPN filial di Sendawar, Kabupaten Kutai Barat," ucap Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi dalam sambutannya.

Bersinergi dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Provinsi Kalimantan Timur, KPPN memiliki tugas dalam mengelola penyaluran Dana DAK Fisik dan Dana Desa. Pada tahun 2019 KPPN Samarinda mengelola penyaluran APBN sebesar 6,7 triliun, termasuk di dalamnya bagian APBN untuk Dana Desa dan DAK Fisik.

"Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa ini merupakan tugas strategis yang implementasinya langsung bersentuhan dengan masyarakat. Oleh karena itu, Kanwil DJPb khususnya Bidang PPA II dan KPPN harus memastikan bahwa dana-dana tersebut dapat tersalurkan dengan baik," sebut Kepala Kanwil Provinsi Kalimantan Timur Miden Sihombing saat menyampaikan laporan pada peresmian KPPN Samarinda.

Pada kesempatan yang sama ditandatangani MoU Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Timur dengan perwakilan Mata Garuda. Mata Garuda adalah ikatan alumni penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dari berbagai universitas di dalam negeri maupun luar negeri. Penandatanganan MoU merupakan tindak lanjut instruksi Menteri Keuangan dalam pertemuan dengan ikatan alumni LPDP (Mata Garuda) Daerah pada tanggal 23 September 2018 di BPPK, yang meminta agar setiap Kanwil DJPb di daerah menyediakan tempat untuk sekretariat Mata Garuda. "Keberadaan Sekretariat Mata Garuda di Kanwil DJPb dapat semakin meningkatkan pelayanan DJPb kepada masyarakat," jelas Marwanto.

Gedung baru KPPN Samarinda memiliki fasilitas yg cukup lengkap dan modern. Memiliki desain dengan konsep go green,  gedung KPPN dirancang agar ramah lingkungan dan mengurangi dampak penggunaan bangunan terhadap kesehatan manusia dan lingkungan.

"Kami berharap KPPN Samarinda sebagai kantor vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan, dapat menjadi KPPN yang modern, nyaman, ramah, dan dapat memberikan layanan prima untuk penyaluran APBN bagi semua pemangku kepentingan dengan penuh integritas, profesional dan bebas korupsi," ungkap Dirjen Perbendaharaan. [tap]