BERITA

Dirjen Perbendaharaan: “Selamat Datang Insan Muda Perbendaharaan”

Jakarta, djpb.kemenkeu.go.id, - “Insan muda perbendaharaan memiliki modal yang kuat untuk membuat perubahan di lingkup Ditjen Perbendaharaan di masa-masa mendatang, karena kalian adalah generasi millenial yang lahir dan tumbuh dengan teknologi di sekeliling Anda. Namun harus diperhatikan juga, bahwa sebagai kaum millenial Anda harus mampu mengatasi dan mengelola kelemahan Anda, yaitu sifat mementingkan diri sendiri.Hal tersebut disampaikan oleh Dirjen Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono dalam acara Pembukaan kegiatan Induksi dan Orientasi Pegawai Baru DJPb di Gedung Jusuf Anwar, Senin (03/12).

“Ilmu dan pengalaman yang didapat selama masa program Induksi dan Orientasi pegawai baru dapat memberikan nilai tambah yang positif baik bagi diri sendiri maupun organisasi DJPb, sehingga pada akhirnya dapat bermanfaat bagi Direktorat Jenderal Perbendaharaan tercinta,” tambah Marwanto.

Pada kesempatan tersebut Marwanto yang didampingi para pejabat eselon II kantor pusat Ditjen Perbendaharaan berpesan agar dapat selalu menggali pengetahuan dan pengalaman terkait tusi organisasi, proses bisnis, orientasi lingkungan kantor, dan juga Nilai-nilai Kementerian Keuangan, serta untuk menghadapi tantangan organisasi ke depan, diharapkan mampu untuk selalu berkontribusi, berkolaborasi, dan berinovasi.

“Jika Anda pada waktunya nanti ditempatkan di remote area, bukan berarti karier Anda berakhir, karena prestasi Anda tetap akan terpantau oleh kami. Hal itu dimungkinkan karena DJPb telah mengimplementasikan konsep manajemen pengelolaan SDM yang lengkap dan modern,” pesan Marwanto.

Rangkaian kegiatan induksi dan orientasi akan berlangsung sekitar empat bulan. Ini merupakan salah satu inovasi pengelolaan SDM Ditjen Perbendaharaan yang dilaksanakan tiap tahununtuk membekali para insan muda Ditjen Perbendaharaan agar siap untuk mengabdi dan berkontribusi bagi negeri.

Program induksi dan orientasi bagi pegawai baru dilaksanakan dengan dua pendekatan, yaitu Overview Class (Off The Job Training) yang merupakan sesi informatif untuk memberikan gambaran tusi organisasi dan proses bisnis secara keseluruhan oleh para narasumber yang kompeten di bidangnya, dan Kegiatan On The Job Training (OJT) untuk mendapatkan pengalaman praktik kerja langsung di bawah bimbingan para coachpada unit-unit Ditjen Perbendaharaan baik dari lingkup Kanwil DJPb Provinsi DKI Jakarta maupun Kantor Pusat DJPb. (Nugraha/Reno Kontributor Bagian SDM)