BERITA

Silaturahmi dan Penyampaian Hak-hak Pegawai Kemenkeu yang Gugur dalam Kecelakaan Lion Air JT 610

Jakarta, djpb.kemenkeu.go.id,- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan santunan dan bantuan kepada keluarga dari 21 pegawai yang termasuk dalam daftar penumpang pesawat Lion Air JT610 yang jatuh pada 29 Oktober 2018. Santunan dan bantuan tersebut disampaikan oleh Menteri Keuangan hari ini, Jumat (04/01) di Aula Djuanda Kementerian Keuangan dengan didampingi oleh sejumlah pejabat Kementerian Keuangan, termasuk Dirjen Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono, Sekjen Kemenkeu Hadiyanto, Dirjen Pajak Robert Pakpahan, Dirjen Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata, serta pejabat dari PT TASPEN dan Jasa Raharja.

Hak-hak ahli waris pegawai Kementerian Keuangan yang diberikan di antaranya berupa pensiun janda/duda/orang tua, bantuan pendidikan untuk anak-anak yang masih dalam usia sekolah dan belum bekerja, pengembalian tabungan perumahan PNS, tali kasih dari Kemenkeu Peduli, serta penghargaan dan kenaikan pangkat anumerta bagi para pegawai tersebut.

Dalam kegiatan silaturahmi dan penyampaian hak-hak pegawai Kementerian Keuangan ini, Menteri Keuangan menyampaikan rasa terima kasih atas seluruh dedikasi para pegawai yang gugur, karena para almarhum telah memberikan yang terbaik bagi keluarganya sekaligus bagi nusa dan bangsanya sebagai pengelola keuangan negara. Menteri Keuangan juga mengharapkan bantuan yang diberikan bisa digunakan dengan sebaik-baiknya khususnya untuk melanjutkan pendidikan putra-putrinya.

“Saya berterima kasih atas kesabaran dan kekuatan para anggota keluarga yang ditinggalkan. Kami mengupayakan agar seluruh hak-hak kepegawaian yang dimiliki oleh keluarga bisa diberikan dengan baik dan secepat mungkin. Saya paham apa yang kami berikan tidak akan bisa menggantikan kehadiran almarhum/ah dan memang bukan untuk menggantikan. Namun ini adalah ekspresi kami sebagai keluarga besar yang turut merasa kehilangan,” tutur Menteri Keuangan.

 
 

Sehari sebelumnya, bertempat di Kantor Pusat DJPb, Dirjen Perbendaharaan juga menyampaikan tanda kasih khusus untuk keluarga enam pegawai DJPb yang menjadi penumpang pesawat Lion Air JT 610, dengan didampingi oleh Sekretaris Ditjen Perbendaharaan R.M. Wiwieng Handayaningsih, Direktur PPKBLU Ari Wahyuni, serta sejumlah pejabat eselon III lingkup kantor pusat.

Dalam kesempatan tersebut, kepada keluarga yang hadir, Dirjen Perbendaharaan menyatakan bahwa apa yang disampaikan merupakan tanda kasih dari DJPb dan Kemenkeu sebagai satu keluarga besar.

"Atas nama pimpinan Kemenkeu kami menyampaikan duka yang mendalam atas musibah yang terjadi, yang merenggut nyawa saudara-saudara tercinta kami di DJPb. Kami selalu mendoakan agar rekan-rekan yang meninggalkan diterima dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan," demikian diungkapkan oleh Marwanto.

"Kami bisa memahami dan merasakan kehilangan orang yang selama ini menjadi bagian dari hidup kita. Namun tanpa mengurangi rasa hormat, mari bersama kita bangkit kembali dan kita terima takdir, kita lanjutkan perjuangan almarhum menyelesaikan tugas dan amanahnya," tambahnya lagi. [LRN]

 
Oleh: Media Center Ditjen Perbendaharaan