BERITA

Hingga Januari 2019 Sebanyak Tujuh Belas Layanan Filial KPPN Beroperasi

Malinau, djpb.kemenkeu.go.id,- Mengawali tahun 2019 ini sebanyak 4 layanan filial KPPN secara resmi telah beroperasi. Sehingga sampai dengan Januari 2019, sebanyak 17 layanan filial KPPN resmi dibentuk oleh Ditjen Perbendaharaan.

Adapun 4 layanan filial KPPN yang mulai beroperasi di Bulan Januari 2019 tersebut yaitu layanan filial KPPN Fakfak di Kaimana, layanan filial KPPN Samarinda di Kutai Barat, serta layanan filial KPPN Saumlaki di Tiakur, Terakhir Layanan Filial KPPN Tanjung Selor di Malinau secara resmi beroperasi sejak hari Kamis (24/01) lalu.

Layanan filial ini merupakan wujud komitmen Ditjen Perbendaharaan untuk terus berupaya memberikan pelayanan yang lebih optimal demi tercapainya pengelolaan APBN yang mampu mendukung pembangunan demi tercapainya kesejahteraan rakyat, termasuk yang ada di remote area.

Di hadapan para undangan acara peresmian layanan Filial KPPN Tanjung Selor di Malinau, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Utara Teguh Dwi Nugroho menyampaikan bahwa Layanan Filial ini merupakan sebuah bentuk layanan KPPN kepada satuan kerja yang berada di wilayah remote dari KPPN Induk.

“Layanan filial ini merupakan sebuah bentuk layanan yang akan memberikan bantuan bagi unit kerja yang berada di wilayah remote untuk dapat melaksanakan pengelolaan keuangan negara dengan baik, efektif dan efisien,” jelas Teguh.

Lebih lanjut Teguh menerangkan bahwa Layanan Filial KPPN atau KPPN Filial adalah layanan front office KPPN yang ditempatkan di luar KPPN untuk meningkatkan dan mendekatkan pelayanan kepada stakeholders dan dilaksanakan oleh Satuan Tugas berdasarkan penugasan khusus dari Kepala KPPN.

Konsultasi DAK Fisik dan Dana Desa di layani juga melalui layanan filial.

Sebagaimana disebutkan oleh Teguh, Layanan Filial KPPN Tanjung Selor di Kabupaten Malinau selain melayani Pencairan APBN juga memberikan konsultasi terkait DAK Fisik dan Dana Desa untuk wilayah Kabupaten Malinau dan sekitarnya

Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau Hendris Damus menyatakan bahwa pemda menyambut baik layanan filial KPPN Tanjung Selor di Malinau. Layanan ini diharapkan mampu untuk mendorong pencairan APBN sehingga bisa lebih efektif dan cepat.

“Kami berharap agar koordinasi dengan KPPN akan lebih mudah, sehingga terkait realisasi DAK Fisik dan Dana Desa bisa lebih optimal dan dapat mencapai target pembangunan nasional di daerah, yang pada akhirnya akan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Malinau, sehingga secara khusus akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” harap Hendris Darmus mewakili Bupati Malinau yang berhalangan hadir.

Lebih lanjut lagi dalam menyikapi layanan konsultasi yang disediakan oleh layanan filial terkait Pelaporan Keuangan, Hendris Darmus menyampaikan bahwa hal ini akan dapat membantu Pemda dalam mempertahankan status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada opini laporan keuangan Pemda Kabupaten Malinau.

“Kami mengharapkan dengan koordinasi yang baik dan layanan konsultasi tentang pelaporan keuangan di layanan filial KPPN Tanjung Selor di Kabupaten Malinau akan menjadi salah satu upaya Pemda Kabupaten Malinau untuk mempertahankan opini WTP yang sudah diraih selama 4 tahun berturut-turut," ungkap Hendri Darmus. (sw)