Dukung Akselerasi Pelaksanaan Anggaran, Kanwil DJPb Provinsi Malut Luncurkan Revisi One Hour

Dampak pandemi Covid-19 mendorong pemerintah melakukan langkah-langkah memperkuat sistem kesehatan, memulihkan iklim usaha, mengembalikan kegiatan ekonomi, serta menjaga dan meningkatkan daya beli masyarakat, sehingga roda perekonomian bisa berjalan kembali. Kebijakan ini dibangun dalam paket program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional  (PC-PEN). Percepatan pelaksanaan program PC-PEN menjadi kunci penting dalam pemulihan ekonomi dan kesehatan nasional, sejalan dengan arahan Presiden RI untuk segera mengakselerasi pencairan program PC-PEN hingga manfaatnya bisa segera dirasakan oleh masyarakat luas dan menggerakkan perekonomian, khususnya di lapisan menengah ke bawah.

"DJPb sebagai Kuasa Bendahara Umum Negara senantiasa berupaya mengembangkan modernisasi dan simplifikasi pelaksanaan anggaran guna akselerasi belanja pemerintah, sehingga tercipta percepatan pembangunan dan pemerataan ekonomi. Upaya-upaya ini tecermin dari modernisasi sistem teknologi informasi, penyederhanaan regulasi, dan berbagai inovasi layanan yang dilakukan terus-menerus," ungkap Dirjen Perbendaharaan Hadiyanto dalam kegiatan Launching Revisi One Hour (R.O.H.) yang dilaksanakan secara hybrid, Rabu (21/04).

Oleh karena itu, Dirjen Perbendaharaan menyampaikan apresiasi kepada Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara yang telah menciptakan inovasi R.O.H. dalam proses revisi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA).

"Ini merupakan inovasi penting, terutama dalam meningkatkan kualitas dan kecepatan layanan. Tantangannya adalah ketika sudah berhasil revisi satu jam, satker yang mengajukan juga harus sudah punya perencanaan untuk dapat segera dilaksanakan. Jadi bukan hanya revisinya yang diakselerasi, tetapi pemanfaatan dari belanja hasil revisi itu juga merupakan bagian dari upaya untuk mengakselerasi belanja pemerintah," jelas Hadiyanto.

Adapun Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara Bayu Andy Prasetya memaparkan proses bisnis dan perbedaan yang tampak dari pelaksanaan uji coba R.O.H. selama beberapa bulan terakhir.

"APBN bekerja keras untuk mendukung kelanjutan penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi. Dari total Belanja Negara yang direncanakan sebanyak Rp2700 triliun, sebesar Rp15,55 triliun dialokasikan ke Provinsi Maluku Utara. Pandemi Covid-19 menjadi tantangan kita bersama, tetapi Ditjen Perbendaharaan memastikan bahwa layanan tidak akan terhambat. Sesuai dengan budaya kerja dan value DJPb HANDAL, kami senantiasa berupaya memberikan layanan terbaik. Untuk itu, kami melakukan inovasi," jelas Bayu dalam kegiatan yang diikuti juga oleh Direktur Jenderal Anggaran, jajaran eksekutif maupun legislatif lingkup Pemda Maluku Utara, para kepala satuan kerja dari Provinsi Maluku Utara, para pejabat tinggi Kementerian Keuangan, serta pimpinan mitra perbankan di Maluku Utara ini.

Direktur Pelaksanaan Anggaran Sudarso pada kesempatan yang sama menyampaikan optimisme raihan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2021 untuk Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara dengan adanya berbagai upaya yang telah dilakukan, salah satunya inovasi ini. "Kami berharap inovasi R.O.H. juga dapat dijadikan momentum untuk mewujudkan implementasi kebijakan redesain sistem perencanaan dan pelaksanaan anggaran, untuk dapat mencapai tujuan keselarasan, yang pada akhirnya dapat diyakini bahwa semua output dan outcome bisa diraih sesuai dengan yang diharapkan," pungkasnya.(LRN/AAW)

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Search