Pesan Hadiyanto kepada Generasi Milenial DJPb

Sebagai ujung tombak pengelola fiskal di daerah, para pegawai DJPb diharapkan untuk mengetahui berbagai isu terkait perekonomian, khususnya bagi para generasi milenial. “Di masa darurat ekonomi dan kesehatan ini, saya ingin Anda semua termasuk generasi milenial mengetahui konstelasi makro ekonomi negara kita saat ini,” pesan Dirjen Perbendaharaan, Hadiyanto, dalam arahannya pada acara Bincang Online SDM, Milenial Handal Wujudkan New Treasury in Town pada Jumat (7/5).

Generasi milenial yang memiliki kreativitas tinggi diminta agar mampu memadukan kemampuan yang dimilikinya untuk kemajuan organisasi. “Kreativitas para milenial harus dapat terefleksikan dalam kontribusi dalam mewujudkan organisasi yang responsif terhadap tantangan saat ini, sebab kalian yang akan mengisi jajaran di periode masa depan,” tambah Hadiyanto.

Selain itu, terhadap setiap kebijakan yang diambil oleh para pimpinan, generasi milenial dituntut untuk memiliki keingintahuan yang kuat terkait kebijakan tersebut serta mampu mulai menganalisis fenomena bisnis yang terjadi di organisasi. “Misalnya mengapa penyerapan APBN pada periode tertentu hanya terealisasi sekian persen, padahal pelayanan SPM di KPPN sudah dapat diselesaikan hanya dalam satu jam, ini sangat penting bagi para milenials untuk mulai menganalisis apa sebabnya,” jelas Hadiyanto.

Saat ini di DJPb pegawai muda dengan usia 35 tahun ke bawah berjumlah 2.704 orang atau 36,73% dari jumlah 7.361 pegawai DJPb. Dominasi porsi pegawai muda diproyeksikan akan terus meningkat seiring dengan proyeksi jumlah pegawai pensiun dalam 3 tahun ke depan sejumlah 1.667 (22% jumlah pegawai), serta rekrutmen pegawai baru. Sebagaimana disampaikan oleh Sekretaris Ditjen Perbendaharaan, Didyk Choiroel, hal ini menunjukkan generasi milenial akan menjadi tulang punggung dan penentu arah DJPb di masa datang.

Sejalan dengan hal tersebut, Hadiyanto berpesan kepada para pimpinan agar dapat mengoptimalkan potensi para milenial. “Saya minta kepada setiap pimpinan unit untuk mampu mengoptimalkan dan memadu-padankan skill milenial dengan proses bisnis DJPb,” pungkas Hadiyanto.

Acara Bincang Online SDM tersebut dihadiri secara daring oleh seluruh jajaran pegawai DJPb di seluruh Indonesia. Narasumber pada acara tersebut, Ayoe Sutomo, Psikolog Tiga Generasi, turut mengajak para milenial DJPb agar mampu menyalurkan aspirasinya dan mengoptimalkan potensi demi kemajuan organisasi. (dr/ma)

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Search