Dirjen Perbendaharaan: Pengelolaan APBN Harus Ada Nilai Tambah bagi Pemda dan Masyarakat

Bangka, djpb.kemenkeu.go.id,- “Realisasi penyaluran Dana Desa sampai bulan Mei 2021 sebesar 27,49% serta BLT dana desa sebesar 41,67% harus terus didorong penggunaannya. Selain agar geliat ekonomi masyarakat bangkit, hal ini juga bertujuan untuk mendukung tumbuhnya sektor pariwisata unggulan di Desa Rebo khususnya dan di Pulau Bangka pada umumnya”, ungkap Dirjen Perbendaharaan, Hadiyanto dalam dialog monitoring dan evaluasi pengelolaan Dana Desa di Desa Rebo, Kecamatan Sungai Liat Kabupaten Bangka, Sabtu (29/05).

Hadiyanto yang didampingi Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan Didyk Choiroel dan Direktur Pelaksanaan Anggaran Sudarso, juga menekankan pentingnya optimalisasi pengelolaan APBN serta Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) guna memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.

Sebelumnya dalam Kegiatan Rapat Koordinasi Wilayah Tahun 2021 dan Dialog Pelaksanaan Anggaran bersama para pimpinan Satuan Kerja Kanwil DJPb lingkup Provinsi Bangka Belitung di Kota Pangkalpinang, Jumat (28/05), Hadiyanto menyampaikan, "Kanwil Ditjen Perbendaharaan diharapkan mampu mendorong terciptanya pengelolaan APBN dengan nilai tambah yang penting bagi pemerintah daerah dan masyarakat terutama pada momentum Pemulihan Ekonomi Nasional dari dampak pandemi Covid-19 di berbagai sektor".

Dirjen Perbendaharaan juga mengapresiasi sinergi Kanwil DJPb Bangka Belitung dengan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Satuan Kerja atas serapan penyaluran APBN yang saat ini telah melampaui 30%, relatif lebih tinggi dibanding rerata nasional. Tak berhenti pada capaian realisasi, Hadiyanto juga ingin kantor vertikal DJPb aktif memantau penyalurannya.

"Diharapkan akan tercapai peningkatan akuntabilitas dan akurasi perencanaan yang baik, penganggaran yang tepat sasaran, eksekusi yang baik, output yang sesuai target, sehingga mendorong efisiensi dalam pengelolaan keuangan negara," pesan Hadiyanto.

Usai menutup kegiatan Rakorwil, Hadiyanto mengunjungi KPPN Pangkalpinang untuk bertatap muka memberikan suntikan semangat kepada Pegawai KPPN Pangkalpinang yang tetap memberikan pelayanan terbaik di masa Pandemi Covid-19.

Cover: Pagoda Nusantara, Desa Rebo, Sungai Liat - Bangka.

 

      

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Search