Dirut BPDLH: Ini Peran Penting Petugas Lapangan

Bandung, djpb.kemenkeu.go.id,- Pada kegiatan Peningkatan Kapasitas Pegawai Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) bertempat di Bandung, Jawa Barat (03/06), Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Epi Kustiawan memberikan pemaparan mengenai fungsi hutan yang vital bagi masyarakat Jawa Barat.

“Dengan luas 21,27% (Hutan Negara) dan 16,42% (Hutan Rakyat) dari total wilayah, hutan memiliki posisi strategis di provinsi Jawa Barat. Pengelolaan dan pelestarian hutan menjadi vital bagi kelangsungan kehidupan masyarakat, diantaranya mengingat hutan menjadi sumber pengairan utama untuk lahan pertanian,” tegasnya.

Epi juga mengutarakan, kehadiran BPDLH melalui para petugas lapangan memiliki peran penting dalam menjangkau kelompok-kelompok masyarakat yang potensial, yang mendukung perlindungan hutan untuk konservasi. Masyarakat yang maju secara ekonomi seharusnya semakin sadar akan penjagaan kelestarian lingkungan. “Anda semua harus mampu melihat potensi, karena di lapangan kita akan berhadapan dengan kelompok sosial yang berbeda-beda. Ada mereka sebagai kelompok inovator, atau mereka yang early adopter, atau bahkan mereka yang menolak perubahan. Inilah tantangannya,” tambahnya.

Sebelumnya, Direktur Utama BPDLH/Indonesian Environment Fund (IEF), Djoko Hendratto telah membuka kegiatan ini sekaligus menyampaikan pesan kepada para petugas lapangan. “Petugas lapangan harus open minded untuk menjawab semua persoalan, memiliki optimisme, serta semangat dalam menjalankan tugasnya.”

Kapasitas ini dibutuhkan dalam rangka pencapaian kinerja BPDLH yang diharapkan dapat memainkan peranan penting untuk memobilisasi berbagai sumber pendanaan pengelolaan lingkungan hidup serta dapat berkolaborasi dengan berbagai pihak. Termasuk dalam pengelolaan BPDLH adalah Dana Program (RBP/Grant), Fasilitas Dana Bergulir (FDB) Dana Reboisasi, Carbon Trading, Pooling Fund Bencana (PFB), Perhutanan Sosial (RPH).

Provinsi Jawa Barat sendiri menerima Fasilitas Dana Bergulir (FDB) terkait lingkungan hidup dengan nilai pembiayaan yang disalurkan sebesar Rp304.167.149.732,00 kepada 9.867 debitur.

  

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Search