Dirjen Perbendaharaan: Tumbuhkan Curiosity Dalam Diri

Tanjungpinang, djpb.kemenkeu.go.id,- Seiring dengan segala tantangan yang dihadapi oleh Pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan, Kanwil Ditjen Perbendaharaan dituntut untuk dapat memberikan masukan dan menunjukkan potensi yang dapat dikembangkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Kanwil harus bisa memberikan masukan, membedah, meng-zoom in penyerapan anggaran dan pelaksanaan anggaran daerah dan dikaitkan dengan kualitas spending yang dilakukan oleh Satker. Mencoba melihat potensi pembangunan infrastruktur dasar, tren pertambahan penduduk, jumlah pengunjung, fasilitas rumah sakit, pendidikan, dan lain-lain yang mungkin tidak terpikirkan oleh Pemda dan menjadi prioritas oleh Pemerintah Daerah,” ungkap Direktur Jenderal Perbendaharaaan Hadiyanto, dalam acara kunjungan kerja dan pengarahan Direktur Jenderal Perbendaharaaan di Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau, Kota Tanjungpinang, Jumat (11/6).

Dirjen Perbendaharaan menilai bahwa serapan belanja masih dapat ditingkatkan yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah. Oleh karenanya, Kanwil DJPb harus dapat menemukan akar permasalahan dan menganalisis untuk memberikan solusi terbaik. Selain itu, dalam menjalankan tugas dan fungsi perbendaharaan, Dirjen Perbendaharaan menekankan bahwa insan perbendaharaan harus memiliki sifat curiosity dan tidak berhenti pada pemahaman atas pelaksanaan anggaran. Namun mampu memahami dalam konteks yang lebih luas terutama terkait dengan pengelolaan kas, investasi, pengelolaan BLU, dan pengkonsolidasian data, terlebih Kemenkeu akan menjadi Data Driven Organization.

“New Ways of Working itu menjadi culture baru, mindset baru. Bukan sesuatu yang dilewatkan begitu saja. Kita harus dapat beradaptasi dan menjadi organisasi yang agile, di antaranya yang paling penting adalah unlock your potensial, kembangkan diri. Jangan terkungkung oleh legacy dan bisnis proses yang rutin. Tingkatkan sinergi dengan unit eselon I Kemenkeu lainnya guna pertukaran data, serta menjalin kerja sama dengan lembaga lain, semisal PT SMI guna percepatan pembangunan infrastruktur dasar di daerah," tambah Hadiyanto.

Dirjen Perbendaharaan yang didampingi oleh Sekretaris Ditjen Perbendaharaan Didyk Choiroel, Direktur Sistem Perbendaharaan Agung Yulianta, dan Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat Heru Pudyo Nugroho dalam kunjungannya ini juga berdialog dengan pelaku usaha UMKM yang merupakan para debitur Pembiayaan UMi di Provinsi Kepulauan Riau, sekaligus melihat-lihat Galeri UMKM. Di Galeri UMKM ini ditampilkan produk-produk seperti souvenir Tanjak khas Kepri, jajanan lokal, serta kerajinan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kepulauan Riau Teguh Dwi Nugroho dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kanwil DJPb Provinsi Kepulauan Riau telah melakukan langkah-langkah nyata agar Satuan Kerja dan Pemda dapat melakukan akselerasi belanja agar dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Provinsi Kepulauan Riau. DI antaranya dengan mengawal program pemulihan ekonomi nasional dan menyampaikan pencapaian yang diraih Kanwil DJPb Provinsi Kepulauan Riau.

Oleh karenanya, Dirjen Perbendaharaan pun mengapresiasi kinerja Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau dan perannya sebagai chief regional economist yang dinilai mampu dijalankan dengan baik yaitu dengan tidak semata-mata sebagai unit yang melaksanakan anggaran, tetapi lebih dari itu, Kanwil DJPb Kepulauan Riau melakukannya "beyond tusi".

Dalam acara yang turut dihadiri oleh Kepala KPPN Tanjungpinang dan Kepala KPPN Batam tersebut, selain memberikan arahan, Dirjen Perbendaharaan juga sekaligus meresmikan gedung dan mushala baru Kanwil DJPb Provinsi Kepulauan Riau yang ditandai dengan penandatanganan prasasti. Gedung baru ini berlokasi di Jalan Muhammad Syah, Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau. Gedung yang dirancang sejak tahun 2016 dan dibangun di atas tanah seluas 10.000 m2 ini menjadi salah satu icon gedung pemerintahan di Pulau Dompak dan mulai aktif digunakan sebagai gedung kantor oleh Kanwil DJPb Provinsi Kepulauan Riau dan KPPN Tanjungpinang sejak Januari 2020.

Di sela-sela kunjungan kerjanya, Dirjen Perbendaharaan juga berkesempatan untuk berdialog dengan para pegawai di ruang kerja KPPN Tanjungpinang yang didominasi oleh pegawai milenial dan meninjau ruangan kerja serta fasilitas yang dimiliki oleh gedung baru ini.

“Berbaur dengan masyarakat lokal, jaga adab kesopanan bermasyarakat, karena bangsa ini terdiri dari berbagai macam suku. Saling asimilasi, jaga iklim yang kondusif, sehingga kita betah di mana pun berada," harap Hadiyanto pada insan milenial Perbendaharaan. [itw/tap]

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Search