Visi DJPb Cerminkan Perspektif Bela Negara

Jakarta,djpb.kemenkeu.go.id,- Kondisi pandemi dan era digitalisasi yang pesat mampu memengaruhi gaya hidup, budaya kerja, dan sifat egosentris yang cukup tinggi. Dibutuhkan sikap semangat juang yang kokoh yang dibingkai rasa toleransi dan budaya timur yang luhur oleh segenap masyarakat untuk bersama-sama bela negara, terlebih dalam bingkai semangat Kemerdekaan RI ke-76.

Menjadi Pengelola Perbendaharaan yang Unggul di Tingkat Dunia, demikian visi DJPb, juga mampu mencerminkan perspektif bela negara. Visi tersebut memberi semangat bagi seluruh jajaran pengelola keuangan agar memberikan yang terbaik bagi akuntabilitas keuangan negeri.

“Apabila kita menyadari bahwa jika pengelolaan perbendaharaan sudah menjadi yang terbaik maka administrasi keuangan pada seluruh kementerian dan lembaga tentu juga akan menjadi unggul dan terbaik, sehingga tidak lagi ditemui oknum tidak bertanggung jawab,” ungkap Direktur Bela Negara Kementerian Pertahanan, Jubei Levianto selaku narasumber kegiatan Bintalnas DJPb Spesial Kemerdekaan, pada Rabu (25/8).

Menurut Jubei, saat ini segenap lapisan bangsa harus membangun bersama mental masyarakat untuk memahami bela negara. “Bela negara adalah kewajiban bagi seluruh rakyat Indonesia sesuai dengan undang-undang,” tegasnya.

Tak terkecuali bagi seluruh Insan Perbendaharaan, peran dan kontribusi untuk mengisi bela negara juga harus dilakukan. “DJPb merupakan organisasi yang besar dan tersebar di seluruh wilayah nusantara. Ini merupakan suatu modal utama bagi kita untuk berperan mewujudkan cita-cita bangsa yaitu persatuan. Pengalaman berinteraksi di berbagai wilayah Indonesia dan berbagai suku bangsa mampu dijadikan bekal untuk mengajarkan toleransi dan saling menghargai baik bagi diri sendiri maupun orang di sekitar kita,” ungkap Direktur Pelaksanaan Anggaran selaku Ketua Bintalnas DJPb, Sudarso, pada kesempatan yang sama.

“DJPb ibarat pembuluh arteri bagi NKRI yang menyalurkan APBN serta mengawal pertanggungjawabannya di seluruh wilayah tanah air. Dengan peran dan tanggung jawab yang besar, serta sebaran unit kerja yang sedemikian luas, saya berharap kita semua bisa menjadi agen pemersatu bangsa,” pesan Sudarso.

Kegiatan Bintalnas dengan tema “Bangkit dan Bersatu untuk Indonesia Tangguh” merupakan kegiatan rutin Bintalnas DJPb dalam rangka menguatkan mental pegawai sekaligus meningkatkan wawasan kebangsaan Insan Perbendaharaan. Kegiatan ini dimoderatori oleh Koordinator Bidang Pembinaan Kebangsaan dan Sosio Kultural Bintalnas DJPb, Adnan Wimbyarto dan disiarkan secara daring melalui kanal zoom dan youtube sehingga dapat disaksikan baik Insan Perbendaharaan maupun Mitra Perbendaharaan di tanah air. Diharapkan kegiatan ini mampu menumbuhkan semangat untuk bersama menggerakkan berbagai sektor pembangunan agar bangsa Indonesia kembali tangguh. (dr/tap)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Search