Hadapi Tantangan UMKM di Tengah Pandemi, DJPb Dukung BLU PIP Kampanyekan "Bersama Sahabat - UMi Bangkit"

Jakarta, djpb.kemenkeu.go.id,- Kesiapan usaha ultramikro untuk meningkatkan kapasitas usahanya terutama di tengah pandemi saat ini menjadi perhatian utama pemerintah agar kontribusi produk-produk usaha ultramikro terus mengangkat perekonomian nasional. Berbagai tantangan baik permodalan, pendampingan usaha, maupun pemasaran diharapkan mampu diatasi oleh usaha ultramikro, termasuk melalui peran Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (BLU PIP), dengan mendorong pemanfaatan program pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Hal tersebut disampaikan Direktur Sistem Manajemen Investasi DJPb Ludiro dalam keynote speech-nya pada pembukaan media gathering dalam rangka launching program "Bersama Sahabat - UMi Bangkit" secara daring (1/9).

“Sejalan dengan program bangga buatan Indonesia, ke depan kita mengharapkan berbagai tantangan yang dihadapi usaha ultramikro di Indonesia dapat diatasi, di antaranya melalui program pembiayaan UMi yang hadir untuk mempermudah akses permodalan serta pendampingan pemasaran, maupun penyediaan berbagai fasilitas bagi usaha ultramikro,” ungkap Ludiro.

BLU PIP menginisiasi kampanye “Bersama Sahabat - UMi Bangkit” yang dimulai pada tanggal 30 Agustus 2021. Melalui kampanye ini, dibentuk suatu ekosistem UMi yang menyinergikan beberapa kegiatan untuk lebih memperkuat dukungan bagi para pelaku usaha ultramikro. Rangkaian kampanye di antaranya adalah lelang online produk yang memanfaatkan pembiayaan UMi bekerja sama dengan DJKN, bekerja sama dengan lembaga inkubasi bisnis untuk meningkatkan diversifikasi pemasaran dan usaha, penyediaan lokasi usaha bagi debitur UMi sekaligus sebagai tempat edukasi pembiayaan UMi, serta membuat Kampung UMi yang bertujuan sebagai penyediaan dukungan pemasaran bagi debitur UMi yang terklaster di suatu wilayah.

"Berbagai program dalam kampanye ini diharapkan memberikan pengetahuan dan informasi bagi pelaku usaha ultramikro yang belum mengenal BLU PIP dan pembiayaan UMi. Debitur yang sudah memanfaatkan pembiayaan UMi diharapkan semakin sehat dan naik kelas usahanya," harap Direktur Utama BLU PIP Ririn Kadariyah.

Pada acara media gathering yang mengundang awak media nasional dalam rangka launching program "Bersama Sahabat - UMi Bangkit" ini Direktur Sistem Manajemen Investasi didampingi oleh Direktur Utama BLU PIP Ririn Kadariyah dan jajaran Direktur BLU PIP. PIP mengelola penyaluran pembiayaan UMi untuk menjangkau pelaku usaha ultramikro yang membutuhkan akses permodalan dengan plafon maksimal Rp20 juta. Dengan filosofi ‘empowering and enhancing’, para pelaku usaha ultramikro selain mendapatkan fasilitas pembiayaan juga memperoleh pendampingan sehingga diharapkan bisa membantu keberlanjutan usaha serta meningkatkan skala usahanya. Pada masa pandemi ini, usaha ultramikro yang sebagian besar merupakan sektor informal tentu sangat terdampak. Oleh karena itu Pemerintah telah dan akan terus mengambil langkah-langkah dukungan bagi para pelaku usaha ultramikro. [DK]

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Search