Kontribusi DJPb Wujudkan Reformasi Fiskal dalam G20

“Belum lama ini berlangsung COP26 yang membahas tentang global environment, climate change, serta pertemuan G20 yang tentu saja membawa tantangan untuk kita dalam memberikan kontribusi lebih di luar tugas yang selama ini kita laksanakan sebagai treasurer,”  ungkap Dirjen Perbendaharaan Hadiyanto dalam kunjungan kerjanya pada Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Selatan pada Senin (15/11).

G20 merupakan forum yang beranggotakan 20 negara dengan ekonomi terbesar dunia. Saat ini Indonesia berada pada peringkat 16 dari 20 negara anggota G20. Hadiyanto mengungkapkan bahwa Indonesia ditargetkan akan menjadi kelompok 5 negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada 2045.

“Untuk mencapai target tersebut, setidaknya ada 5 reform yang harus kita kerjakan yakni birokrasi, regulasi, SDM, infrastruktur dan transformasi ekonomi. Hal yang paling sederhana yang dapat kita lakukan sebagai DJPb Kementerian Keuangan dalam fungsi BUN Fiskal adalah membangun ekosistem yang meningkatkan pendapatan negara,” tambahnya.

Dari sisi belanja, DJPb harus mampu memastikan kualitas belanja satker K/L dan pemerintah daerah, memastikan APBN yang telah terserap mampu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, sejalan dengan peran DJPb sebagai Regional Chief Economist (RCE) yang mengamplifikasi kebijakan sekaligus memberikan edukasi literasi kepada masyarakat terkait fiskal dan fungsi kementerian keuangan.

"Peran DJPb sebagai RCE tentu harus terus menerus dikuatkan. Kami dari Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Selatan siap memberikan dukungan sepenuhnya dengan aktivitas strategis yang melibatkan berbagai sinergi dari stakeholder," ungkap Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Selatan, Lydia Kurniawati Christyana.

Pada kesempatan tersebut, Dirjen Perbendaharaan didampingi Sekretaris Ditjen Perbendaharaan beserta jajaran tim kantor pusat juga meninjau ruang pelayanan pada Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Selatan dan KPPN Palembang.

“Dengan menghidupkan spirit HAnDAL , mari kita selalu giat dan semangat meningkatkan potensi dan selalu belajar serta berinovasi untuk memberikan kontribusi terbaik yang dapat kita berikan,” pesan Hadiyanto.

 
Kontributor: Suci Amalia Putri, Kanwil DJPb Prov Sumatera Selatan

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Search