DJPb sebagai Intellectual Leaders, Economist, dan Policy Maker

"DJPb harus berperan sebagai Intellectual Leaders, Economist, sekaligus Policy Maker. Dibutuhkan upskilling bagi para pegawai Kanwil DJPb untuk dapat melakukan analisis data dan memberikan usulan kebijakan di pusat maupun daerah,"

Dirjen Perbendaharaan Hadiyanto

Dalam mengamplifikasi kebijakan Kantor Pusat dan melihat kondisi perekonomian daerah, konsep Regional Chief Economist (RCE) menjadi sangat penting. Untuk itu Dirjen Perbendaharaan, Hadiyanto, berharap jajaran DJPb dapat terus membangun kapasitasnya.

"DJPb harus berperan sebagai Intellectual Leaders, Economist, sekaligus Policy Maker. Dibutuhkan upskilling bagi para pegawai Kanwil DJPb untuk dapat melakukan analisis data dan memberikan usulan kebijakan di pusat maupun daerah," pesan Hadiyanto dalam kunjungan kerja Kanwil DJPb Provinsi Bali pada Kamis (18/11).

Hal tersebut dapat dilakukan melalui FGD dengan BKF, komunikasi dengan pihak akademisi, bahkan apabila diperlukan dapat dikirim pegawai ke negara lain untuk melakukan pelatihan. Kepala Kanwil DJPb Provinsi Bali, Teguh Dwi Nugroho, melaporkan beberapa kerja sama yang telah dilakukan.

"Kami telah mengembangkan kerjasama dengan pemda di Provinsi Bali dalam rangka penguatan peran Kanwil DJPb sebagai RCE. Dari 10 Pemda, sudah 8 Pemda yang menandatangani MoU dengan Kanwil DJPb Provinsi Bali, 2 Pemda yaitu Kabupaten Karangasem dan Kabupaten Gianyar telah kami jadwalkan di beberapa minggu ke depan," terang Teguh.

Fungsi treasury tidak hanya sekedar mengelola cash in dan cash out, namun akan terus diperluas dengan berbagai paradigma baru seperti melakukan analisis data agar masyarakat memiliki ownership terhadap keuangan negara.

"Kantor pusat DJPb telah mengakselerasi berbagai upaya untuk me-reshaping fungsi treasury di daerah. Saya melihat Kanwil DJPb pun bergerak cepat dengan menginisiasi berbagai kegiatan yang menunjukkan praktik modern treasury yang baik," tambah Hadiyanto.

Dirjen Perbendaharaan dalam kunjungan kerja tersebut didampingi oleh Sekretaris Ditjen Perbendaharaan, Didyk Choiroel. Hadiyanto pun berpesan agar Insan Perbendaharaan terus membangun curiosity dan critical thinking. (DR/TAP)

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Search