Tak Sekedar Analisis APBN, Insan Perbendaharaan Diharapkan Beri Edukasi ke Masyarakat

“DJPb harus lebih dapat dirasakan keberadaannya oleh semua stakeholders sebagai brand new DJPb. Untuk itu saya harapkan DJPb terus go public untuk menyajikan dan menyampaikan informasi peran penting DJPb dalam mengelola keuangan negara dan mendukung pembangunan,”

Dirjen Perbendaharaan Hadiyanto.

Setiap pegawai DJPb diharap dapat  mengedukasi masyarakat bagaimana negara ini diselenggarakan, bagaimana fasilitas umum dibangun, juga bagaimana keamanan dan kesehatan dijaga oleh negara. Pernyataan itu diungkapkan Dirjen Perbendaharaan Hadiyanto dalam kunjungan kerja di Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Selatan pada Rabu (24/11).

“DJPb memiliki data yang luar biasa penting dan melimpah. Kita tahu persis berapa besar uang negara yang mengalir ke daerah. Kita harus bisa menganalisis dan menceritakan apa saja belanja di daerah yang didanai APBN atau didanai APBD yang berasal dari APBN,” tutur Hadiyanto.

Beberapa manfaat APBN yang dirasakan masyarakat seperti banyaknya sekolah yang dibangun, berapa jalan yang dibuat, pelabuhan, irigasi, dan pembangunan perumahan dapat menjadi jembatan antara masyarakat dan pemerintah untuk lebih memahami manfaat keuangan negara dikelola dengan baik.

Hadiyanto juga menyampaikan bahwa Sulawesi Selatan merupakan focal point pembangunan di wilayah Indonesia Timur. Keunggulan kompetitif berupa simpul utama transportasi dan infrastruktur di kawasan timur Indonesia harus dapat dioptimalkan potensinya untuk mendatangkan berbagai investasi dan meningkatkan pendapatan daerah.

 “DJPb harus lebih dapat dirasakan keberadaannya oleh semua stakeholders sebagai brand new DJPb. Untuk itu saya harapkan DJPb terus go public untuk menyajikan dan menyampaikan informasi peran penting DJPb dalam mengelola keuangan negara dan mendukung pembangunan,” tutup Hadiyanto.

Dalam kunjungan kerjanya, Dirjen Perbendaharaan didampingi oleh Sekretaris Ditjen Perbendaharaan, Didyk Choiroel, Kepala Kanwil DJPB Prov. Sulawesi Selatan, Syaiful, serta jajaran tim dari Kantor Pusat. (DR/MA)

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Search