Menkeu Kunjungi Layanan DJPb di Jayapura, Pastikan Berperan Optimal Membangun Papua

"Peran Kemenkeu juga memberikan fasilitas dan dorongan bagi pembangunan ekonomi di masing-masing wilayah dalam hal ini Papua,"

Menkeu, Sri Mulyani

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, melakukan kunjungan ke Kanwil DJPb Papua dan KPPN Jayapura sebelum meresmikan Gedung Keuangan Negara (GKN) Jayapura yang akan digunakan sebagai operasional layanan instansi vertikal Kemenkeu.

“Dengan adanya GKN yang juga merupakan tempat atau wadah bagi unit vertikal Kementerian Keuangan untuk bisa berada di dalam satu lokasi yang sama akan bisa memberikan pelayanan yang makin terintegrasi,” ungkap Sri Mulyani dalam acara peresmian di Jayapura pada Jumat (26/11).

Sri Mulyani juga menjelaskan peran Kanwil DJPb sebagai bagian dari Kemenkeu Satu. “Kami di Kemenkeu ada empat dirjen yang memiliki instansi vertikal. Jika selama ini menemui satker yang melakukan pengurusan DIPA hingga pencairan APBN, itu berada di bawah koordinasi dan kendali DJPb. Selain itu, peran Kemenkeu juga memberikan fasilitas dan dorongan bagi pembangunan ekonomi di masing-masing wilayah dalam hal ini Papua,” tuturnya.

Kanwil DJPb Papua diamanatkan untuk mengemban strategic mission dalam kapasitasnya sebagai Sekretariat Badan Pengarah Percepatan Pembangunan dan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP). Dirjen Perbendaharaan, Hadiyanto, menyampaikan dukungannya atas hal tersebut.

“Sebagai Sekretariat Otsus BP3OKP, jajaran Kanwil DJPb Papua harus memiliki kemampuan lintas disiplin atau cross-function competency dan menjadi bagian yang berperan signifikan dalam pembangunan di Papua,” ungkap Hadiyanto dalam arahannya di Kanwil DJPb Papua sehari sebelumnya.

Pada kesempatan tersebut, Dirjen Perbendaharaan didampingi oleh Sekretaris Ditjen Perbendaharaan, Didyk Choiroel, Direktur Sistem Perbendaharaan, Agung Yulianta, Kepala Kanwil DJPb Papua, Burhani, dan Kepala Kanwil DJPb Papua Barat, Bayu Andi Prasetya.

Melalui UU No. 2 Tahun 2021, pemerintah telah melakukan reformasi pengelolaan otsus melalui pembentukan badan khusus di wilayah Papua. Amanah mengawal Otsus Papua ini merupakan momentum yang berharga bagi Kanwil DJPb sebagai Regional Chief Economist. Keterlibatan dalam tugas kesekretariatan merupakan salah satu implementasi peran Kanwil DJPb Papua sebagai poros penggerak perekonomian dan pembangunan Provinsi Papua. (DR/AAW)

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Search