Perkuat Komunikasi dengan Mitra Kerja, DJPb Dorong Akselerasi Belanja APBN Akhir TA 2021

Komunikasi dan kerja sama yang baik antara kantor vertikal DJPb dengan satuan kerja menjadi kunci akselerasi belanja negara menjelang akhir tahun anggaran 2021 saat ini. Melalui kantor vertikalnya, DJPb diharapkan cepat membangun koordinasi dengan satuan kerja K/L agar berbagai kendala yang sering muncul pada proses pencairan dana akhir tahun dapat teratasi. Hal tersebut diungkapkan Dirjen Perbendaharaan, Hadiyanto, dalam kunjungan kerja di Kantor Wilayah DJPb Provinsi DKI Jakarta pada Kamis (9/12).

“Kita (DJPb), dalam menghadapi akhir tahun anggaran saat ini harus menjalin komunikasi yang erat dengan satker agar berbagai kendala yang sering muncul dalam pencairan dana teratasi dan tidak berulang dari tahun ke tahun. Statistik dan data yang kita punya juga harus dimanfaatkan, di antaranya untuk menyusun profil belanja satuan kerja yang memudahkan kita melakukan pemantauan, terutama di daerah yang mempunyai alokasi belanja besar seperti DKI Jakarta," ungkap Hadiyanto.

Tahun ini total pagu belanja yang dikelola satuan kerja mitra Kanwil DJPb Provinsi DKI Jakarta sebesar Rp2.078,40 triliun dan realisasi sampai dengan akhir November 2021 sebesar Rp1.743,60 triliun atau 83,89%.

Selain akselerasi belanja, prinsip kehati-hatian dan terlaksananya fungsi pemantauan belanja juga harus diperhatikan agar akuntabilitas pengelolaan keuangan negara tetap terjaga. Hadiyanto juga mendorong insan Perbendaharaan agar dapat memberikan nilai tambah bagi kelancaran pengelolaan keuangan negara, terutama melalui pemanfaatan inovasi di bidang teknologi informasi.

Pada kunjungan kerjanya, Dirjen Perbendaharaan didampingi oleh Sekretaris DJPb Didyk Choiroel, Direktur PA Tri Budhianto, Direktur SP Agung Yulianta, Direktur SITP Saiful Islam, Direktur PKN Noor Faisal Achmad, dan Kepala Kanwil DJPb Provinsi DKI Jakarta Alfiker Siringoringo. [DK/TAP]

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Search