Menkeu Apresiasi Dua Jurnal Perbendaharaan dalam Membangun Budaya Research Kemenkeu

 

“Kemenkeu duduk di atas data yang begitu melimpah. Kita mempunyai tanggung jawab yang begitu besar terhadap rakyat republik ini sehingga data tersebut harus diolah. Maka saya mengapresiasi kepada DJPb yang membuat inisiatif untuk menyusun Jurnal Indonesian Treasury Review dan Jurnal Manajemen Perbendaharaan agar kita banyak memiliki rasa keingintahuan dan juga keinginan untuk melakukan penelitian,”

Menkeu, Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi atas publikasi dua jurnal ilmiah perbendaharaan yaitu Indonesian Treasury Review (ITRev) dan Jurnal Manajemen Perbendaharaan (JMP). Kedua jurnal tersebut dinilai mampu mengembangkan inisiatif untuk memunculkan sikap keilmiahan, obyektivitas, dan rasa kritis yang bisa dipertanggungjawabkan dalam mengelola data yang berhubungan dengan keuangan negara.

“Kemenkeu duduk di atas data yang begitu melimpah. Kita mempunyai tanggung jawab yang begitu besar terhadap rakyat republik ini sehingga data tersebut harus diolah. Maka saya mengapresiasi kepada DJPb yang membuat inisiatif untuk menyusun Jurnal Indonesian Treasury Review dan Jurnal Manajemen Perbendaharaan agar kita banyak memiliki rasa keingintahuan dan juga keinginan untuk melakukan penelitian,” ungkap Sri Mulyani dalam Seminar Jurnal Ilmiah Perbendaharaan 2021 pada Rabu (15/12).

Menkeu berharap inisiatif yang sudah bagus pada kedua jurnal DJPb tersebut diharapkan mampu mengangkat tema tertentu khususnya pada area yang dianggap sangat penting agar dapat digunakan dalam memperbaiki policy keuangan negara dengan improving berdasarkan evidence based melalui kajian ilmiah.

Dirjen Perbendaharaan Hadiyanto pun menyampaikan bahwa DJPb terus melakukan inisiasi dalam mengembangkan research community. “Secara serentak DJPb juga sedang membangun ekosistem yang lebih komprehensif melalui penguatan pilar ekosistem lain yang saling mendukung sehingga program peningkatan literasi pengembangan research community dan pengembangan budaya evidence based policy making dapat meraih hasil yang optimal,” tutur Hadiyanto.

ITRev dan JMP merupakan salah satu pilar ekosistem penelitian dan pengembangan yang dikembangkan DJPb. Sampai dengan saat ini ITRev dan JMP telah berkontribusi dalam bidang penelitian perbendaharaan keuangan negara dan kebijakan publik melalui penerbitan 24 edisi jurnal, 142 publikasi, serta melibatkan 218 kontributor penulis dan 34 mitra bestari.

Dalam laporannya, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Andin Hadiyanto menyampaikan Seminar Jurnal Ilmiah Perbendaharaan merupakan agenda tahunan sejak 2018 yang diselenggarakan bersama antara DJPb dengan BPPK. Pada tahun ini, seminar tersebut mengusung tema “Pandemi Covid-19: Antara Dampak dan Peluang Meretas Jalan Pengelolaan Keuangan dan Perbendaharaan Negara yang Lebih Baik” dengan narasumber di antaranya Chatib Basri dan Prof. Hal Hill. (DR/BU)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Search