Dukung Indeks Pembangunan Gender Indonesia, Angka Partisipasi Perempuan DJPb Meningkat

 

"Saya berharap agar para pegawai perempuan DJPb dapat terus meng-unlock potentials yang dimiliki dan terus memiliki keinginan untuk berkontribusi lebih bagi pengembangan DJPb di masa datang," Dirjen Perbendaharaan, Hadiyanto

Jakarta, djpb.kemenkeu.go.id,- DJPb terus mendukung peran perempuan dalam pembangunan nasional. Terbukti dengan angka partisipasi perempuan di DJPb yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Data statistik SDM DJPb menunjukkan dari total pegawai DJPb, sebanyak 38 persen pegawainya adalah perempuan. Bahkan di rentang usia pegawai DJPb sampai 29 tahun, jumlah pegawai perempuan lebih tinggi atau sebesar 57 persen dibandingkan laki-laki.

“Dari total jabatan struktural DJPb, sebanyak 13,54 persen ada keterwakilan perempuan. Namun demikian, pada jabatan di kantor pusat keterlibatan perempuan sudah mencapai 23 persen, di mana jabatan tersebut berperan sangat strategis dalam pengambilan keputusan organisasi,” ungkap Dirjen Perbendaharaan, Hadiyanto, dalam Talkshow Pengarus Utamaan Gender (PUG) 2021, Selasa (21/12).

Komposisi tersebut sejalan dengan Indeks Pembangunan Gender (IPG) Indonesia yang terus meningkat menjadi 91,07 di tahun 2020 yang menunjukkan telah terjadi peningkatan pemberdayaan perempuan secara konsisten. Sebagai treasurer pemerintah, tantangan yang dihadapi DJPb pun semakin dinamis dan menantang. DJPb diharapkan dapat bertransformasi mendukung peran perempuan lebih strategis dalam mengelola fungsi perbendaharaan.

“DJPb senantiasa berusaha menciptakan lingkungan kerja yang memungkinkan para perempuan untuk terus produktif dan memberikan kapasitas terbaiknya dalam bekerja. Saya berharap agar para pegawai perempuan DJPb dapat terus meng-unlock potentials yang dimiliki dan terus memiliki keinginan untuk berkontribusi lebih bagi pengembangan DJPb di masa datang,” pesan Hadiyanto.

Sekretaris DJPb, Didyk Choiroel, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Talkshow PUG merupakan bagian dari program PUG di DJPb. “Implementasi PUG di DJPb telah diinisiasi sejak tahun 2017 melalui surat edaran Dirjen Perbendaharaan yang kemudian menjadi landasan untuk implementasi di seluruh unit kerja DJPb,” jelas Didyk.

Talkshow PUG dengan tema “Akselerasi Perubahan Budaya Kerja HAnDAL dalam Perspektif Gender di Lingkup DJPb” diikuti secara daring oleh para pejabat dan pegawai DJPb, duta PUG serta tim implementasi PUG baik kantor pusat dan kantor vertikal. (DR/TAP)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Search