DJPb Tanda Tangani MoU dengan BLU Pembina UMKM Korsel

Kerja sama antara DJPb dan Korea SMEs and Startups Agency (KOSME) merupakan bentuk sinergi konstruktif antara Indonesia dengan Korea Selatan. Hal tersebut disampaikan oleh Dirjen Perbendaharaan Hadiyanto dalam sambutan pada rangkaian acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) terkait Pemberdayaan UMKM dengan President of Korea SMEs and Startups Agency (KOSME) di Aula Jusuf Anwar, Jakarta, Selasa (26/07).


"Penandatanganan MoU Pemberdayaan UMKM antara DJPb bersama KOSME ini merupakan momen yang sangat penting bagi upaya peningkatan peran UMKM untuk mendukung inklusi keuangan," ungkap Hadiyanto.

Kerja sama antara DJPb dengan KOSME yang dituangkan pada MoU tersebut di antaranya mencakup berbagi pengetahuan mengenai dukungan sistem, pengetahuan, dan keahlian; business matching serta pameran dan promosi pasar UMKM; serta riset bersama mengenai pemberdayaan UMKM bagi kedua negara.

Pengalaman KOSME dapat menjadi bekal yang berharga. President of KOSME, Mr. Kim Hak-do menyampaikan bahwa KOSME telah tumbuh bersama dengan UKM dan perusahaan startup selama 43 tahun terakhir.

"Ketika ekonomi Korea Selatan mengalami krisis keuangan Korea pada tahun 1997 dan krisis keuangan global pada tahun 2008, KOSME telah memberikan kontribusi untuk meletakkan dasar bagi pertumbuhan ekonomi nasional dengan terlebih dahulu membantu UKM mengatasi tantangan tersebut. Saat ini KOSME akan bersama-sama DJPb melaksanakan upaya pemberdayaan UMKM,” jelas Mr. Kim Hak-do.

Melalui penandatanganan MoU tersebut DJPb dan KOSME menegaskan komitmen dalam pemberdayaan UMKM di Indonesia dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menjadikan UMKM di Indonesia dapat naik kelas, sebagai bagian dari inisiatif strategis Sinergi Pemberdayaan UMKM yang diamanatkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

KOSME merupakan Badan Layanan Umum (BLU) pengelolaan dana yang berada di bawah Ministry of SMEs and Startups Korea Selatan. KOSME didirikan sejak tahun 1979 dan saat ini telah memiliki 33 cabang di seluruh Korea, dengan pegawai sebanyak 1.468 orang. Sejumlah fungsi yang dilakukan oleh KOSME yaitu pembiayaan UMKM, dukungan atas ekspor oleh UMKM, peningkatan kapasitas SDM UMKM, dan peningkatan inovasi UMKM.

Penjajakan kerja sama ini sebelumnya telah dilakukan melalui kunjungan kerja Vice President KOSME Mr. Kim Moon Hwan beserta delegasi ke Direktorat Sistem Manajemen Investasi pada bulan April 2022. [LRN/DK/SW]

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Search