Dukung PUG, DJPb Turut Pastikan Keadilan dan Kesetaraan Terwujud dalam Pembangunan

Kemenkeu secara konsisten melakukan upaya-upaya mewujudkan keadilan gender melalui berbagai kebijakan yang responsif gender. Misalnya melalui Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) yang mampu mendorong kemudahan akses kredit dan peningkatan kesejahteraan bagi mereka yang unbankable, yang mayoritas perempuan. Hal tersebut disampaikan oleh Dirjen Perbendaharaan Hadiyanto saat membuka Seminar Pengarusutamaan Gender (PUG) DJPb yang diselenggarakan secara daring, Senin (01/08).

"APBN merupakan fiscal tool yang salah satunya memberikan fungsi distribusi, berupaya memeratakan pembangunan dan memastikan hasilnya dapat dinikmati seluruh rakyat. Pembangunan dan pertumbuhan ekonomi perlu dilaksanakan secara sustainable dan inklusif sehingga dapat berkontribusi signifikan bagi upaya pengentasan kemiskinan dan pemerataan pembangunan. Jangan sampai ada yang terlewat dalam merasakan upaya-upaya pemerataan pembangunan. DJPb sebagai Treasurer perlu memahami cakupan makna spending better lebih baik lagi. Dalam konteks responsif gender, Kanwil DJPb dan KPPN perlu memastikan bahwa belanja pemerintah yang bersumber dari uang rakyat telah dilaksanakan tepat sasaran dan menjangkau semua elemen masyarakat," ungkap Dirjen Perbendaharaan dalam kegiatan yang bertema Tebar Semangat Responsif dan Inklusif melalui Kemenkeu Satu ini.

DJPb juga terus berupaya mendorong terwujudnya keadilan untuk mewujudkan kesetaraan dalam pembangunan melalui berbagai kebijakan yang responsif gender.

"Komitmen DJPb untuk menjadi organisasi yang makin responsif gender diwujudkan dalam berbagai dimensi, seperti penyusunan kebijakan yang memperhatikan aspek keadilan dan kesetaraan, peningkatan gender awareness pegawai, serta pembangunan sarana prasarana yang mendukung implementasi PUG," lanjutnya.

Adapun dalam laporannya, Sekretaris Ditjen Perbendaharaan Didyk Choiroel menjelaskan bahwa kegiatan seminar ini merupakan bagian dari komitmen DJPb untuk terus mengikuti program strategis PUG.

"DJPb selalu berkomitmen menjadi organisasi yang responsif gender, yang diwujudkan dalam manajemen organisasi,  keuangan, sumber daya manusia, maupun pelaksanaan tugas dan fungsi pengelolaan perbendaharaan dan pengelolaan fiskal. Seminar ini juga menandai bahwa DJPb mengikuti rangkaian kegiatan lomba PUG level Kemenkeu, yang pada tahun 2022 ini DJPb diwakili oleh Kanwil DJPb Provinsi Sumatra Barat," jelasnya.

Para narasumber dalam seminar ini adalah Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, Fahma Sari Fatma, Konsultan dari World Bank dan alumni Harvard University, Indah Shafira Zata Dini, serta ASN Inspiratif 2019, Founder The School Projects, dan Founder @jadipnsaja, Jaya Setiawan Gulo. [LRN/AAW]

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Search