Optimalisasi Pengelolaan BLU melalui Sinergi, Simplifikasi serta Perluasan Digitalisasi

Jakarta, djpb.kemenkeu.go.id,- Badan Layanan Umum (BLU) merupakan agen pemerintah yang memiliki tugas pokok dan fungsi berupa penyediaan layanan kepada masyarakat, namun diberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip efisiensi dan produktivitas serta praktik bisnis yang sehat. Dengan kata lain, mengelola government entity ala korporasi. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Perbendaharaan Hadiyanto dalam keynote speech secara virtual pada acara Webinar Pengelolaan BLU Tahun 2022, di Jakarta, Rabu (14/9).


Kinerja keuangan BLU menunjukkan tren yang positif, dibuktikan dengan pertumbuhan pendapatan BLU dan tingkat ketergantungan BLU terhadap pendanaan dari Rupiah Murni (RM) yang semakin menurun. Dalam kurun waktu empat tahun terakhir, pendapatan BLU tumbuh rata-rata 32,2% per tahun. Selain itu, kinerja positif BLU dalam menghasilkan PNBP yang mencapai Rp126 triliun pada tahun 2021 mengindikasikan bahwa posisi BLU sangat strategis dalam memberikan andil pada Keuangan Negara.

“Dengan tantangan peningkatan efisiensi operasional layanan BLU pada tahun 2023 mendatang, diperlukan penguatan kebijakan pembinaan BLU dengan cara sinergi, dan simplifikasi, serta perluasan digitalisasi layanan melalui program big data dan data sharing antara Kementerian Keuangan dan K/L lainnya. Selain itu, diperlukan kebijakan optimalisasi pengelolaan kas dan utilisasi aset idle agar bernilai tambah dan memberikan return yang baik,” ungkap Hadiyanto.

Beberapa tantangan di masa yang akan datang juga dapat dihadapi bersama dengan adanya sinergi yang kolaboratif antara pembina teknis di K/L dengan pembina keuangan di Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan. Sinergi tersebut dapat diwujudkan dengan adanya harmonisasi peraturan teknis di K/L dengan Peraturan BLU. Kemudian, kinerja keuangan dan layanan BLU harus terus ditingkatkan dengan peran strategis Kementerian/Lembaga dalam menyusun Key Performance Indicators (KPI) Direksi BLU. Penetapan KPI yang challenging dan achievable merupakan control system yang efektif sehingga tujuan BLU dapat tercapai.

Setelah dibuka secara resmi oleh Hadiyanto, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi pengelolaan BLU oleh Direktur PPK BLU, Agung Yulianta. Webinar Pengelolaan BLU Tahun 2022 ini sekaligus menjadi Kick-off One on One Meeting antara Kementerian/Lembaga dan Kementerian Keuangan. Acara ini diikuti oleh pejabat dan pegawai lingkup kantor pusat dan kantor vertikal Kementerian Keuangan, pejabat dan pegawai Kementerian/Lembaga, satuan kerja BLU dan peserta umum.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Search